Pj Gubernur Sebut GPN Produk Perbankan dengan Rasa Indonesia

Minggu, 05 Agustus 2018 - 16:11 WIB
Pj Gubernur Sebut GPN Produk Perbankan dengan Rasa Indonesia
Pj Gubernur Sulsel, Soni Samarsono dan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto hadir di peluncuran Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Bank Indonesia (BI) di Pantai Losari Makassar, Minggu (05/08/2018). Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) menjadi terobosan terbaru Bank Indonesia (BI) yang memupus sekat dan perbedaan. Pejabat Gubernur Sulsel Soni Samarsono bahkan mengatakan GPN merupakan produk Perbankan dengan Rasa Indonesia.

"Kita harus mengakui bahwa terobosan kali yang dilakukan oleh Bank Indonesia ini betul-betul sangat-sangat baik," ungkap Sumarsono pada peluncuran Kampanye GPN Bank Indonesia (BI) di Pantai Losari, Jalan Penghibur Makassar, Minggu (05/08/2018).

Menurut GPN adalah terobosan dalam menghapus sekat-sekat yang selama ini ada karena perbedaan peraturan dari masing-masing bank, dimana untuk mengakses kebutuhan perbankan hanya bisa di bank yang sama.

Dengan GPN, lanjut Dia pemilik kartu debit bank tertentu bisa bertransaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) atau perangkat electronic data capture (EDC) bank lain.

"Kalau bukan hari Minggu, hari ini juga saya akan merubah kartu debit saya ke GPN," tukasnya.

Dari segi keIndonesiaan, Sumarsono menilai kartu ini sangat terasa, logo GPN dihadirkan burung garuda berwarna merah dan tulisan kata GPN berwarna putih.

"Ini menjadi identitas nasional, sebagai bagian upaya kita membangun nasionalisme Indonesia, memperkuat, memperkokoh pola kebangsaan kita," sebutnya.

Kartu ini lebih menyederhanakan dari segi kepemilikan kartu karena hanya satu yang mencakup bank-bank yang ada di Bank Indonesia yang di Integrasikan. Ia berharap bahwa, walaupun saat ini masih berlaku domestik, dalam pengembanganya akan dapat digunakan secara internasional.

Dalam acara tersebut turut hadir Anggota DPR RI dari Fraksi PPP Amir Uskara, Walikota Makassar Danny Pomanto, Ketua DPRD Sulsel M Roem, dan jajaran kepala OPD lingkup Pemprov Sulsel, serta BI jajaran perbankan dibawah naungan BI sebanyak 58 perbankan.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0172 seconds (0.1#10.140)