KPPU Makassar Edukasi Staff Penulisan Jurnalistik

Senin, 03 September 2018 - 16:41 WIB
KPPU Makassar Edukasi Staff Penulisan Jurnalistik
Suasana pelatihan jurnalistik yang digelar KPPU Makassar. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kota Makassar, menggelar Workshop Metode Penulisan Berita Jurnalistik di Gedung Keuangan Negara (GKN) Jalan Urip Sumoharjo Lantai 1, Senin, (03/09/2018).

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut Redaktur Halaman Ekonomi dan Bisnis Koran SINDO Makassar dan Sindonews.com Suwarny Dammar. Adapun materi yang dibawakan yakni Teknik Penulisan Berita Utamanya Membuat Rilis.

Peserta yang mengikuti workshop ini berjumlah sebanyak sepuluh orang yang merupakan staff KPPU Kota Makassar.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Dahliah Tanur mengatakan, kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas para staff KPPU Kota Makassar dalam hal metode penulisan berita utamanya rilis.

Dia menjelaskan, setiap KPPU Makassar menggelar kegiatan diperlukan berita yang akan di publikasi melalui website resmi KPPU Kota Makassar tapi pengetahuan staff terkait hal tersebut masih sangat minim sehingga digelar Workshop Penulisan Berita Jurnalistik ini.

"Untuk lebih meningkatkan kualitas SDM KPPU Makassar dalam penulisan berita. Hari ini yang ikut serta ada sepuluh orang. Kita gelar ini karena masih kurang pemahaman terkait penulisan berita yang baik dan benar, padahal setiap kegiatan harus ada rilis," ujar dia.

Dia pun berharap setelah mengikuti workshop ini para peserta lebih memahami metode penulisan berita jurnalistik yang baik dan benar. Tidak hanya itu, dia berharap kegiatan ini juga sebagai ajang silaturrahmi antara pembicara yang berasal dari media ternama dan kompeten di bidangnya dengan para staff KPPU.

"Harapan lebih memahami terkait penulisan berita dan menjalin komunikasi dan koordinasi baik dengan pihak media selaku narasumber dan juga sebagai ajang silaturrahmi," harapnya.

Suwarny Dammar selaku pemateri, pada kesempatan tersebut mengatakan, dalam penulisan berita harus memperhatikan banyak hal hingga hal-hal kecil. Untuk menghasilkan berita yang menarik untuk dibaca harus diawali dengan pembuatan judul yang singkat, jelas dan menarik.

"Unsur berita itu adalah 5W+1H atau dalam bahasa gaulnya Asik Namba yakni Apa, Siapa, Kapan, Kenapa, Dimana, dan Bagaimana. Agar menarik dibaca mulai dari judul jangan bertele-tele dan tidak terkait dengan isi, tapi harus singkat, jelas dan menarik," katanya.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5010 seconds (0.1#10.140)