Dampak Gempa Donggala, Warga Mamuju Tengah Panik Lari ke Bukit

Jum'at, 28 September 2018 - 19:24 WIB
Dampak Gempa Donggala, Warga Mamuju Tengah Panik Lari ke Bukit
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MAMUJU TENGAH - Gempa bumi kembali mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat, (28/09/2018) sore tadi, bahkan gampa ini peringatan dini potensi tsunami.

Gempa ini terjadi pada pukul 17:02:44 WIB, di lokasi 18 LS,119.85 BT 27 km Timur Laut Donggala Sulawesi Tengah dengan Kedalaman10 kilometer.

Getaran gempa cukup dirasakan oleh warga di Topoyo, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Merasa panik akan potensi Tsunami, mereka pun menyelamatkan diri lari ke atas bukit.

"Ini lari semua orang, banjirmi. Naik air sungai," kata warga Topoyo, Uni kepada SINDOnews.

"Sudah mengungsi mi orang di atas bukit. Mati lampu juga, sinyal juga susah" sambungnya.

Hingga berita ini diturunkan, air sungai sudah mulai surut.

Berdasarkan data yang dirilis dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho bahwa Posko BNPB telah mengkonfirmasi ke BPBD Kabupaten Donggala terkait dampak gempa.

Gempa dirasakan di wilayah Kabupaten Donggala, Kota Palu dan Parigi Moutong. Secara umum gempa dirasakan berintensitas sedang selama 2-10 detik. Gempa dirasakan beberapa kali karena adanya gempa susulan.

"Gempa dirasakan sangat keras terjadi di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala karena dekat dengan pusat gempa. Beberapa rumah roboh dan rusak akibat gempa. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah," katanya dari keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Jumat, (28/09/2018).

Sutopo melanjutkan, Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Donggala tercatat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak. Korban tertimpa oleh bangunan yang roboh.

"Evakuasi masih dilakukan oleh petugas. Pendataan dan penanganan darurat masih dilakukan," katanya.

Sejauh ini, sebagian masyarakat masih berada di luar rumah. Mereka berada di tempat aman. Gempa susulan masih sering berlangsung.
(bds)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6987 seconds (0.1#10.140)