NA Usul Pengadaan Helikopter untuk Penanggulangan Bencana

Rabu, 14 November 2018 - 17:21 WIB
NA Usul Pengadaan Helikopter untuk Penanggulangan Bencana
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA), kembali mengusulkan pengadaan Helikopter untuk membantu operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Meski sebelumnya, wacana pengadaan helikopter yang sempat digulirkan Pemerintah Provinsi Sulsel langsung mendapat pertentangan, hingga rencana itu menguap.

Namun di satu kesempatan, Nurdin Abdullah kembali mewacanakan pentingnya Pemprov Sulsel memiliki helikopter sendiri. Meski diakuinya, pada pembahasan APBD 2019 belum dimasukkan usulan besar tersebut.

"Harusnya di Sulsel sebagai wilayah besar, BPBD harusnya punya heli, yang standby kapan saja dibutuhkan, misalnya jika ada nelayan yang hilang di laut bisa digunakan mencari," kata Nurdin di Four Point by Sheraton, tadi.

Sebelum benar-benar diajukan penganggaran, katanya, semua pihak mesti sepaham terkait pentingnya keberadaan heli tersebut.

Katanya, heli jangan dipandang sebagai barang mewah, namun dapat gunakan untuk mengakses daerah terisolir karena bencana. Ia mencontohkan, bencana Palu butuh berhari-hari terjangkau logistik lantaran akses darat yang terputus.

"Pengalaman di Palu begitu banyak logistik yang masuk Sulawesi Tengah tapi tidak bisa terdistribusi karena akses jalan pada rusak. Heli hanya 1, teriak banyak bantuan tapi belum disentuh, karena keterbatasan, jangan kita melihat bahwa helikopter barang mewah," sambungnya ditemui seusai membuka Rakor Siaga Darurat Cuaca Ektresm.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0541 seconds (0.1#10.140)