Hasil Pantauan Harga Sembako Jelang Maulid Relatif Stabil

Jum'at, 16 November 2018 - 22:28 WIB
Hasil Pantauan Harga Sembako Jelang Maulid Relatif Stabil
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar terus melakukan pantauan harga kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) di sejumlah pasar tradisional.

"Sembako menjelang Maulid relatif stabil," aku Kepala Bidang Perdagangan, Ikshan NS, Jumat (16/11/2018).

Meski demikian, kata dia, hanya kebutuhan berupa daging ayam broiler mengalami kenaikan rata-rata mencapai Rp5.000 per kilogramnya.

"Kita lihat di semua pasar kecuali pasar Pabaeng-baeng ayam broiler naik. Rata-rata harga daging ayam ini Rp30.300 naik Rp2.400 dari harga per 12 November berkisar Rp28.900 per kilogram," aku Ikshan.

Sementara harga penjualan telur mengalami penurunan. Saat ini harganya kurang lebih Rp41.400 per raknya dari harga sebelumnya Rp41.700 per rak.

"Kita tetap memantau aktivitas para pedagang selain harga sembako yang diperdagangkan di pasar-pasar tradisional," ucapnya.

Ikshan menambahkan, pantauan harga sembako tidak hanya berlangsung menjelang peringatan hari keagamaan, akan tetapi digelar secara berkelanjutan.

Pihaknya pun kata dia, akan menyiapkan 10 truk pencegah inflasi jika sewaktu-waktu ada kenaikan harga sembako secara mendadak.

"Jadi kalau terjadi kenaikan harga, misalnya cabai, kita cari dimana sumbernya baru kita distribusikan ke pasaran. Jadi, kalau di Pasar Pa'baeng-baeng mahal kita kesitu, begitu juga dengan pasar lainnya," sebutnya.
(bds)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1405 seconds (0.1#10.140)