Bawa ISIS ke Afghanistan, AS Bisa Picu Bangkitnya Terorisme

Sabtu, 08 Desember 2018 - 21:50 WIB
Bawa ISIS ke Afghanistan, AS Bisa Picu Bangkitnya Terorisme
Ilustrasi/Istimewa
A A A
TEHERAN - Tindakan Amerika Serikat (AS) yang disinyalir mengangkut dan membawa anggota ISIS ke Afganistan bisa memicu bangkitnya terorisme. Pernyataan tersebut dilontarkan Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani.

Larijani mengatakan, AS telah beberapa kali membawa anggota ISIS dari Suriah menuju Afghanistan. "Selama setahun terakhir, AS telah memindahkan sejumlah besar teroris ISIS ke Afghanistan, yang bisa sekali lagi menciptakan masalah yang sama di beberapa bagian Asia, seperti yang terjadi di Irak dan Suriah," ucap Larijani, seperti dilansir Sputnik pada Sabtu (08/12/2018).

Larijani dalam pernyataannya kemudian memuji kerja sama yang sedang berlangsung antara Iran, China, Pakistan, Turki, Rusia, dan juga Afghanistan dalam upaya memerangi terorisme.

Ini bukan kali pertama kali Iran menuding AS telah memindahkan anggota ISIS dari Suriah ke Afghanistan. Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei pada Januari 2018 menyebut AS sengaja membantu relokasi militan ISIS ke Afghanistan dalam upaya untuk membenarkan kelanjutan operasi militer AS di wilayah tersebut.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1979 seconds (0.1#10.140)