Kementerian Tunjuk Desa Balla Kabupaten Luwu Percontohan Desa ODF

Selasa, 11 Desember 2018 - 19:32 WIB
Kementerian Tunjuk Desa Balla Kabupaten Luwu Percontohan Desa ODF
Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) atau stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Lapangan Bajo, Desa Balla, Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu, Sulsel, Selasa (11/12/2018). Foto : Chaeruddin/SINDOnews
A A A
BELOPA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengapresiasi pencanangan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Luwu yang diterapkan di Desa Balla, Kecamatan Bajo.

Sebagai bentuk apresiasinya, Desa Balla ditunjuk sebagai daerah percontohan. Pemkab Luwu pun mengdeklarasikan desa Balla sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) atau stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang berlangsung di Lapangan Bajo, Selasa (11/12/2018).

Program STBM di Desa Balla telah diterapkan sejak 2014 lalu. Bahkan masyarakat setempat massif mengkampanyekan program tersebut secara rutin.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Luwu, Abdu Kadir, deklarasi ODF ini merupakan deklarasi tingkat kabupaten yang bertujuan untuk mencapai universal akses sanitasi 100% pada 2019 se-Kabupaten Luwu.

"Bajo merupakan kecamatan yang sehat. Pola hidup untuk tidak membuang air besar sembarang mendapat perhatian pemerintah pusat. Ini berhasil diterapkan berkat kesadatan masyarakat setempat dan sinergitas sejumlah pihak, baik dalam bentuk swadaya masyarakat, dana desa, Pemda, dan TNI," ujarnya.

Di Desa Balla sendiri diketahui telah mampu menyelenggarakan program lima pilar sanitasi menyeluruh dari 1.363 desa di Sulsel.
(bds)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1973 seconds (0.1#10.140)