Pemkot Palopo Bentuk Aplikasi Pengaduan Kasus Kekerasan Anak

Selasa, 11 Desember 2018 - 20:31 WIB
Pemkot Palopo Bentuk Aplikasi Pengaduan Kasus Kekerasan Anak
Pemkot Palopo gelar sosialisasi dan pelatihan Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) di Hotel Harapan, Kota Palopo, Selasa (11/12/2018). Foto : Chaeruddin/SINDOnews
A A A
PALOPO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo saat ini tengah menyiapkan sistem pelaporan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan berbasis online melalui aplikasi Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA).

Inisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) ini bisa dimanfaatkan masyarakat kota Palopo saat menemukan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Tentunya akan menjadi media pengaduan masyarakat nantinya.

"Terpenting adalah program aplikasi SIGA ini dapat segera diakses oleh masyarakat sehingga akan dapat membantu memudahkan masyarakat dalam menyampaikan informasi dan pelaporan tentang kejadian ancaman kekerasan yang mungkin saja terjadi dan menimpa kaum perempuan dan anak," ujar Kepala Kesbangpol Palopo, Baso Sulaiman dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan SIGA di Hotel Harapan, Kota Palopo, Selasa (11/12/2018).

Menurutnya, kasus kekerasan hingga pemberdayaan perempuan dan anak merupakan tanggungjawab bersama semua pihak. Sehingga diharap pengelolaan SIGA dilakukan secara cermat dan profesional melalui forum data Kota Palopo nantinya.

"Oleh karena itu melalui sosialisasi ini perlu diupayakan pelaksanaan keterpaduan data yang dapat dipergunakan oleh semua unit kerja sebagai acuan pelaksanaan program berbasis gender dan anak," imbuhnya.
(bds)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6976 seconds (0.1#10.140)