Banyak Penderita Gondok, Sekkab Sebut Gowa Kekurangan Zat Yodium

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:19 WIB
Banyak Penderita Gondok, Sekkab Sebut Gowa Kekurangan Zat Yodium
SEKKAB GOWA. Banyak warga Kabupaten Gowa yang sampai saat ini menderita penyakit gondok. Hal itu karena mereka masih kurang mengonsumsi makanan yang mengandung yodium. Foto: IStimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Banyak warga Kabupaten Gowa yang sampai saat ini menderita penyakit gondok. Hal itu karena mereka masih kurang mengonsumsi zat yodium.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, Muchlis, saat menyampaikan materi dalam workshop Bina Keluarga Balita yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB).

"Ibu rumah tangga harus banyak mengkonsumsi yodium karena jika tidak maka anaknya akan cebol (pendek). Jika anak kita cebol maka kemampuan otaknya juga akan cebol," kata Muchlis.

Sekkab Muchlis mengemukakan, bahwa saat ini kekhawatiran pemerintah kabupaten masih terhadap kelenaan masyarakat Gowa yang kurang mengkonsumsi zat yodium seperti garam beryodium.

Karena itu, Ini menjadi bagian dari tanggung jawab ibu-ibu PKK untuk mensosialisakan ke masyarakat. Sarankan kepada warga untuk membeli dan konsumsi garam yang mengandung yodium.

"Sosialisasikan pula bahwa tempat garam harus selalu ditutup agar kandungan zat yodiumnya tidak menguap di udara," jelasnya.

Saat memasak pun lanjutnya, jangan langsung beri garam karena semakin cepat masakan diberi garam maka kandungan yodium dalam garam itu lebih cepat hilang.

Seperti halnya jika memasak sayur. Jangan terlalu matang. Jangan biarkan makanan yang masuk dalam tubuh kita hanya jadi sampah. Inilah salah satu cara kita mengingatkan masyarakat untuk hidup sehat dan bermanfaat.

"Kita harus tahu bahwa makanan yang kita masak lalu dimakan, manfaatnya apa," katanya.
(kem)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0069 seconds (0.1#10.140)