Duta Anti Narkoba Maros Serukan Tahun Baru Tanpa Narkotika

Minggu, 30 Desember 2018 - 13:23 WIB
Duta Anti Narkoba Maros Serukan Tahun Baru Tanpa Narkotika
Duta Anti Narkoba Maros menyerukan untuk tidak menggunakan narkoba pada tahun baru sekaligus menggalang dana untuk korban banjir Barru. Foto: Najmi Limonu/SINDOnews
A A A
MAROS - Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) bersama Ikatan Duta Anti Narkoba (Ikanara) Maros, menggelar kampanye tahun baru tanpa narkoba, sekaligus penggalangan dana korban bencana Barru di lampu merah patung kuda, kecamatan Turikale, Maros, Minggu (30/12/2018).

Dalam aksi ini, mereka membagi-bagikan stiker imbauan tahun baru tanpa Narkoba ke pengguna jalan. Baik roda empat maupun roda dua yang melintas. Mereka berpesan agar warga tidak merayakan tahun baru dengan berhura-hura apalagi dengan menggunakan Narkoba.

Ketua Bidang Sosialisasi dan Pencegahan Granat, Abudzar mengatakan, aksi seperti ini rutin digelar di setiap akhir tahun. Meski sifatnya hanya imbauan, namun, dia berharap warga bisa mengetahui bahaya narkoba serta memperluas peran masyarakat dalam pencegahannya.

"Ini sudah tahun ketiga kita laksanakan. Yah memang hanya imbuan, tapi ini juga sebagai wujud tanggung jawab kami sebagai penggiat anti Narkoba untuk terus bergerak. Tahun baru ini selalu identik dengan hura-hura yang menjurus pada Narkoba dan seks bebas," katanya.

Menurutnya, penegak hukum seperti BNN dan Kepolisian seharusnya mengambil peran untuk memperluas peran masyarakat dalam pencegahan Narkoba. Bukan malah terkesan memanfaatkan momen tahun baru dengan menggelar razia yang menurut mereka tidak efektif.

"Terkesan hanya pemanfaatan momentum saja sih menurut kami. Harusnya jika memang serius, yah mari bersama-sama mendorong peran masyarakat dalam upaya pencegahan itu. Upaya ini kami rasa masih sangat minim sekali," paparnya.

Ketua Ikanara Maros, Ramadhan Mukhtar menambahkan, generasi milenial seperti mereka harus mengambil peran terdepan dalam upaya pencegahan narkoba dan seks bebas yang sangat identik dengan perayaan tahun baru. Disebutkannya, penyalah guna narkoba meningkat saat momen itu.

"Tahun baru ini memang identik dengan Miras, Narkoba dan seks bebas di kalangan anak milenial kita. Nah kami turun untuk menunjukkan, masih ada dari kami yang berusaha menghalau itu, yah meski masih sebatas kampanye. Kita ingin kedepannya banyak yang bergabung," ujarnya.

Aksi yang digelar selama dua jam itu, berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp500 ribu dan menghabiskan 300 lembar stiker. Donasi itu rencananya akan dibawa langsung oleh mereka ke Barru untuk disalurkan ke korban bencana banjir.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6254 seconds (0.1#10.140)