TOPIK TERPOPULER

Danny Pomanto : Tabung Gas 3 Kg Tidak Akan Ditarik

Budi Santoso
Danny Pomanto : Tabung Gas 3 Kg Tidak Akan Ditarik
Sejumlah warga mengantri untuk membeli tabung gas ukuran tiga kilogram dengan membawa kartu identitas diri di Jalan Sunu, Makassar. Foto : Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto meminta masyarakat jangan panik, terkait beredarnya informasi soal tabung gas 3 kg akan ditarik.

"Karena informasi yang beredar bahwa tabung gas 3 kilogram akan ditarik itu hoax," kata Danny kepada wartawan, Senin, (04/12/2017).



Menurut Danny, karena informasi hoax, harga tabung gas subsidi di tingkat pengecer melonjak sampai Rp25 ribu per tabung. Padahal, normalnya antara Rp 17 ribu sampai Rp 18 ribu per tabung.

"Tolong jangan panik. Pertamina sudah jamin stok tersedia dan cukup sampai natal dan tahun baru," ungkapnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Andi Muhammad Yasir mengungkapkan, naiknya harga tabung gas 3 kg karena masyarakat langsung memborong. Mereka takut tidak akan mendapatkan gas subsidi.



"Dampaknya stok yang seharusnya cukup jadi berkurang, karena masyarakat ramai-ramai menimbun di rumah," katanya.

Kondisi ini pun dimanfaatkan oleh sejumlah oknum pengecer dengan menaikkan harga sampai batas tidak wajar. Alasannya tabung gas subsidi sulit diperoleh. "Padahal di tempat lain masih banyak," katanya lagi.

Andi Ridwan Wittiri Anggota Komisi VII DPR RI juga menegaskan, sampai saat ini juga tidak ada keputusan bahwa pemerintah akan mengganti tabung 3 kg ke ukuran 5 kg. "Jadi jangan percaya berita hoax," katanya.

Andi tidak ingin menyalahkan masyarakat yang menjual dengan harga tinggi. Karena mereka menjual dengan cara halal. "Bukan mencuri," katanya.

Ridwan menghimbau agar pemerintah dan Pertamina segera turun ke masyarakat memberikan sosialisasi.



(agn)

Berita Terkait
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!