Dinas Perumahan Kota Makassar Akan Bangun Aparong Hunian

Senin, 04 Februari 2019 - 08:59 WIB
Dinas Perumahan Kota Makassar Akan Bangun Aparong Hunian
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Makassar, akhirnya membangun rumah murah bagi masyarakat kecil lewat program Aparong Hunian.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPKP Kota Makassar, Hamka mengatakan, program ini kerja sama atas bantuan hibah dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulsel. Sebagai pilot project, pembuatan model rumah kota ini mulai dibangun, di Jalan Teluk Bayur, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Makassar.

"Jadi ini kan namanya Aparong Hunian atau rumah tinggal. Ini merupakan salah satu inovasi dari pemerintah kota dan ada dinas perumahan," beber Hamka.

Sebelumnya, kata dia, DPKP Kota Makassar telah membangun Aparong Civic Centre atau pusat kegiatan masyarakat di kecamatan dan kelurahan. Namun, Aparong Hunian ini dia klaim sebagai program yang bersentuhan dan dimanfaatkan langsung oleh masyarakat yang tidak mampu.

Disebutkan, program tersebut merupakan salah satu perwujudan visi-misi Wali Kota Makassar, khususnya menghadirkan rumah kota murah untuk rakyat kecil yang kurang mampu.

"Kondisinya betul-betul rumah layak huni yang kita coba bangun. Bekerja sama dengan IAI, dan dunia usaha yang ada CSR untuk sama-sama kita mewujudkan tujuan kita membantu masyarakat tidak mampu," tandasnya.

Sebagai awal, Aparong Hunian ini rencananya bakal dibangun empat unit yang tersebar di empat kecamatan Kota Makassar. Untuk lokadi pembangunan tiga unit lainnya, kata Hamka, masih akan diverifikasi oleh DPKP Kota Makassar.

"Kita usahakan satu kecamatan satu unit sebagai percontohan. Kalau yang tiga, sementara kita evaluasi dulu. Karena 'kan ada persyaratannya. Pertama, betul tidak mampu dan layak dibantu. Kedua, dia punya lokasi atau (lahan) milik sendiri," terang dia.

Meski demikian, dia berharap Aparong Hunian ini bisa dihadirkan lebih banyak lagi di Kota Makassar. Jika pilot project Aparong Hunian di Jalan Teluk Bayur, Kelurahan Maccini Sombala telah selesai dibangun, Wali Kota Makassar bakal meresmikan percontohan model rumah kota tersebut.

"Nanti kalau selesai, nanti kita konsultasi dengan pak wali kapan bisa peresmian karena ini percontohan dan pertama kalinya," jelas Hamka.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8221 seconds (0.1#10.140)