Diguyur Hujan Deras, Tebing di Desa Kelapa Dua Polman Longsor

Jum'at, 01 Maret 2019 - 19:24 WIB
Diguyur Hujan Deras, Tebing di Desa Kelapa Dua Polman Longsor
Kondisi di sekitar tebing di Dusun Perattean, Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polman, Sulbar, usai mengalami longsor, Jumat (01/03/2019). Foto : Asrianto Suardi/SINDOnews
A A A
POLEWALI - Tebing setinggi kurang lebih 50 meter di Dusun Perattean, Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, alami longsor saat Kabupaten Polewali Mandar (Polman) diguyur hujan deras, Jumat (01/03/2019) dini hari.

Akibatnya, akses tranportasi jalan trans penghubung Kabupaten Polman dan Mamasa sempat terputus. Material tanah longsor menutupi badan jalan.

Kemacetan arus lalu lintas tak dapat dihindari sepanjang satu kilometer (km).

"Longsor ini terjadi di dua titik, sehingga jalan putus total," sebut Camat Anreapi, Sarifuddin Fattah yang ditemui di lokasi, pagi tadi.

Menurut dia, longsor ini disebabkan tingginya intesitas hujan sejak kemarin malam. Beruntung tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan bencana tanah longsor ini.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PU dan BPBD untuk segera menurunkan alat berat. Karena kalau dikerjakan secara manual ini agak sulit, karena material longsor terlalu banyak," lanjut Sarifuddin.

Hingga berita ini diturunkan, pemerintah setempat telah menurunkan alat berat untuk mengangkut material longsor. Dan aparat kepolisian turut memperlancar kondisi arus lalu lintas yang sudah mulai normal.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Polman, AKP Rusli Said menyatakan wilayah tersebut memang rawan longsor dikarenakan tebing di daerah itu sangat terjal dan materialnya bercampur batu, sehingga tanahnya diduga sangat labil.

"Kami himbau kepada pengendara agar berhati-hati jika melintas, dan melihat tebing yang berpotensi longsor, apalagi ini sudah masuk musim hujan," singkatnya.
(bds)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7993 seconds (0.1#10.140)