Perluasan Kawasan Bandara Sultan Hasanuddin Digenjot Tahun Ini

Senin, 18 Maret 2019 - 11:27 WIB
Perluasan Kawasan Bandara Sultan Hasanuddin Digenjot Tahun Ini
Aktifitas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Rencananya tahun ini akan dilakukan perluasan bandara. Foto: Sindonews/Maman Sukirman
A A A
MAROS - Perencanaan pembangunan dan perluasan kawasan Bandara Internasional terus digenjot. Rencananya tahun ini perluasan bandara akan dimulai.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi minta dukungan masyarakat Maros terkait rencana tersebut. Diakuinya, keberadaan Bandara Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros, tentu tak hanya menjadi milik PT Angkasa Pura semata, tapi juga milik warga Maros pada khususnya, dan warga Sulsel pada umumnya.

Menurutnya, pengembangan dan perluasan Bandara akan dilakukan tak hanya dilakukan pada apron bandara, tapi juga terminal bandara akan diperluas.

Saat ini kata Faik Fahmi, kapasitas bandara hanya untuk 7 juta penumpang per tahun. Dia berasumsi, dengan meningkatnya jumlah penumpang setiap tahunnya, maka luas bandara yang ada saat ini tak mampu lagi menampung penumpang. Makanya pihak Angkasa Pura akan memperluas Bandara sehingga mampu menampung sekitar 15 juta penumpang.

Faik berharap, pembangunan dan perluasan kawasan bandara ini akan rampung dalam dua tahun ke depan. Dia memastikan, perluasannya tidak akan terkendala pada pembebasan lahan milik warga. Karena sebelumnya pihak Angkasa Pura telah memiliki lahan yang belum dikelolah.

"Saya sih mengharapkan paling tidak dalam waktu dua tahun sudah selesai 100 persen. Tapi akan saya upayakan 1,5 tahun sudah selesai karena ini akan lebih memberikan manfaat positif," katanya.

Bahkan dia mengatakan rencana groundbreakingnya ditargetkan bisa dilakukan pekan depan. "Saya menargetkan minggu depan groundbreakingnya," akunya.

Menyoal anggaran perluasan kawasan bandara ini, dia mengatakan, pihaknya akan menggunakan dana perusaannya sendiri, dengan total anggaran sebesar Rp2,5 Triliun hingga Rp3 Triliun.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi menambahkan, saat ini, luas bandara meliputi, terminal, apron dan runway pesawat yakni, 51.000 m2. Setelah dilakukan perluasan dan pembangunan bandara, maka nantinya Bandara Sultan Hasanuddin akan diperluas hingga mencapai, 150.000 m2.

"Kalau luasnya sudah ditambah menjadi 150.000 m2, maka sudah pasti daya tampungnya juga akan meningkat, menjadi 15 juta penumpang pertahun," ujarnya.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2340 seconds (0.1#10.140)