Sidak Pasar di Luwu, Dinas Perdagangan Gandeng TNI dan Polri

Senin, 13 Mei 2019 - 18:25 WIB
Sidak Pasar di Luwu, Dinas Perdagangan Gandeng TNI dan Polri
SIDAK PASAR. Dinas Perdagangan Kabupaten Luwu menggandeng pihak kepolisian dan TNI, menggelar sidak di sejumlah pasar dan toko di Kabupaten Luwu, Senin (13/5/2019). Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU -
Dinas Perdagangan Kabupaten Luwu menggandeng pihak kepolisian dan TNI, menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar dan toko di Kabupaten Luwu, Senin (13/5/2019).

Sidak diawali di Pasar Cillang, sekira pukul 08.20 wita. Dinas Perdagangan beserta TNI dan Polri, memeriksa hampir seluruh lods di pasar ini.

Pemeriksaan mulai dari harga barang, kualitas barang dagangan, asal barang, timbangan yang digunakan, hingga memeriksa kebersihan pasar yakni saluran air dalam pasar.

Dari pantauan KORAN SINDO saat pelaksanaan sidak kemarin, sejumlah harga sembilan bahan pokok (Sembako) masih mengalami kenaikan.

Harga barang yang paling tinggi kenaikannya adalah bawang merah dan bawang putih. Kenaikannya hingga 100 persen dari harga sebelumnya, yang ada pada kisaran Rp30 ribu per kilogram. Saat ini sudah mencapai Rp60 ribu per kilogram.

"Bawang yang saya jual dari Enrekang dan Bantaeng. Harganya beda karena besar dan kualitas. Kenaikan memang ada, biasa Rp30 ribu sekarang sudah Rp60 ribu. Kenaikan ini sudah lama, seminggu lebih," ujar Anci, salah seorang pedagang.

Selain bawang merah dan bawang putih, harga daging ayam juga naik hingga Rp15 ribu per ekor. Sebelum ramadhan harga ayam potong per ekor sekira Rp40 ribu hingga Rp45 ribu sekarang sudah mencapai Rp55 ribu hingga Rp60 ribu per ekornya.

Pasca sidak di pasar, Kepala Dinas Perdagangan, Wahida beserta Kasat Reskrim, AKP Faizal Syam dan Danramil 1403-03/Belopa, Kapten CBA Marthen Luter R, melanjutkan sidak dan pemantauan di gudang beras milik Bulog di Belopa.
(kem)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1910 seconds (0.1#10.140)