TOPIK TERPOPULER

Jemaah Aboge Probolinggo Tetapkan Lebaran dengan Kitab Mujarobat

Sindonews
Jemaah Aboge Probolinggo Tetapkan Lebaran dengan Kitab Mujarobat
Ratusan jamaah Aboge di lima kecamatan di Kabupaten Probolinggo memiliki perhitungan sendiri tentang Hari Raya Idulfitri. Mereka berpedoman Kitab Mujarobat. Foto: iNews/Hana Purwadi

PROBOLIGGO - Ratusan jamaah Aboge di lima kecamatan di Kabupaten Probolinggo memiliki perhitungan sendiri tentang Hari Raya Idulfitri. Mereka berpedoman Kitab Mujarobat.

Mereka menggelar Salat Idul Fitri 1440 H hari ini, Kamis (6/6/2019). Pelaksanaan Salat Id mundur sehari dengan yang ditetapkan pemerintah.

Selain jamaah Aboge di Kecamatan Leces, ratusan jamaah di Kecamatan Dringu, Kuripan, Bantaran dan Tegal Siwalan juga melaksanakan Salat Idulfitri hari ini.



Pada umumnya jamaah Islam Aboge tidak ada perbedaan dengan Islam pada umumnya. Hanya saja waktu penetapan jatuhnya 1 Syawal 1440 H yang selisih sehari dari yang ditetapkan pemerintah.

“Bagi kami yang terpenting adalah menjaga kerukunan umat beragama. Pada dasarnya sama Islamnya sama, perbedaan hitungan saja yang berbeda," ujar Anto, jamaah Islam Aboge.

Usai melaksanakan Salat Id, mereka menggelar tradisi bersalaman, dilanjutkan makan bersama. Kemudian mereka bersilaturahmi dengan tetangga yang lainnya.

Jamaah Islam Aboge yang selalu menjalin kerukunan dengan masyarakat atau umat Islam lainnya berharap tidak mempermasalahkan perbedaan ini. Pada umumnya Islam Aboge adalah sama yang terpenting adalah menjaga kerukunan untuk menuju Indonesia bersatu dan maju.



(kem)