Cuaca Buruk, Nelayan di Polman Diimbau Waspada Saat Melaut

Kamis, 13 Juni 2019 - 15:19 WIB
Cuaca Buruk, Nelayan di Polman Diimbau Waspada Saat Melaut
Sejumlah perahu nelayan diangkat naik ke daratan agar tidak terhempas dengan tingginya ombak di kelurahan Lantora Kabupaten Polman, Kamis, (13/06/2019). Foto: Sindonews/Asrianto Suardi
A A A
POLMAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polewali Mandar (Polman) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), menghimbau kepada nelayan agar tetap waspada dan berhati-hati saat mencari ikan di laut.

Peringatan dini dikeluarkan berupa surat imbauan kepada nelayan, selama lima mulai tanggal 11-15 Juni. Langkah ini diambil setelah melihat kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi yang telah terjadi selama lebih dari sepekan terakhir.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Polman, Muhammad Siri mengatakan kondisi cuaca saat ini tengah tidak menentu. Seperti intensitas hujan yang tingggi dan angin kencang. Untuk itu, dia mengimbau nelayan agar tetap waspada saat mencari ikan di laut.

"Sekarang cuaca sulit diprediksi, kadang tiba-tiba hujan dan disertai angin kencang," tuturnya, Kamis (13/62019).

Muhammad Siri memprediksi, cuaca buruk akan berlangsung hingga beberapa waktu ke depan. Daerah yang perlu diwaspadai saat angin kencang adalah wilayah pesisir mulai dari wilayah Kecamatan Binuang hingga ke Kecamatan Tinambung.

Tampak beberapa perahu nelayan hanya ditambatkan di dermaga dan pinggir laut, namun sebagian lagi diangkat ke daratan untuk menghindari hempasan ombak. Selain itu, nelayan yang tidak melaut terlihat hanya membenahi kapal dan perahu mereka.

Beberapa nelayan mengaku jika cuaca seperti ini, mereka tidak berani melaut, sebab mempengaruhi hasil tangkapan nelayan, tak jarang mereka pulang tanpa hasil. Nelayan hanya pasrah dan menunggu cuaca kembali normal.

"Sudah lebih satu minggu begini, kencang sekali angin dan besar sekali ombak pak," kata Badaruddin, salah satu nelayan di kelurahan Lantora sambil membenahi perahu miliknya.

Menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah IV Makassar, untuk wilayah perairan Polewali Mandar, diperkirakan selama tiga hari ke depan tinggi gelombang antara 0,5-1,25 meter, terhitung hari ini, Kamis (13/6/2019) hingga lusa.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3215 seconds (0.1#10.140)