Pemkab Gowa Canangkan Program MWRP Perangi Sampah

Minggu, 23 Juni 2019 - 18:23 WIB
Pemkab Gowa Canangkan Program MWRP Perangi Sampah
Sekkab Gowa, Muchlis melaunching pencanangan program Municipal Waste Recycling Project (MWRP), Minggu (23/06/2019). Foto: Herni Amir/SINDOnews
A A A
SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mencanangkan program Municipal Waste Recycling Project (MWRP) dalam rangka memperkuat kapasital manajemen pengelolaan sampah, Minggu (23/06/2019).

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, Muchlis selaku pihak yang meresmikan program tersebut menjelaskan jika MWRP dicanangkan sebagi bentuk komitmen pemerintah dalam membangun lingkungan bersih, hijau dan sehat.

"Ini akan mencatatkan sejarah baru bagi Kabupaten Gowa. Kita dan seluruh unsur hingga ke lapisan bawah siap mewujudkan pengurangan sampah termasuk sampah plastik," ujarnya.

Dia pun menyampaikan terimakasih atas dukungan Yayasan Pusat Transformasi yang memilih Kabupaten Gowa sebagai satu-satunya daerah di Indonesia Timur yang mencanangkan program tersebut.

Menurutnya, program ini sangat mendukung peraturan pemerintah daerah di bidang pengelolaan sampah yang terhimpun dalam Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) tentang pengelolaan sampah rumah tangga.

Sejauh ini, kata Muchlis, Pemkab Gowa telah membangun beberapa Tempat Pengelolaan Sampah Reuse-Reduce-Recycle atau TPS 3R. Tujuannya, memfasilitasi kerja masyarakat yang telah peduli dalam memilah sampah harian mereka.

"Program ini telah kita lakukan dalam dua tahun terakhir. Pemerintah desa pun sudah menyiapkan APBDes-nya untuk ini," tuturnya.

Muchlis pun berharap agar program ini juga dapat bersinergi dengan program lainnya, seperti Kota Tanpa Kumuh (KotaKu), Gerakan Ayo Gowa Bersih melalui Sabtu Bersih, Gowa menuju Desa Sehat hingga Program Kesehatan Lingkungan.

"Kita harap dua tahun kedepan pemilihan sampah rumah tangga sudah semakin baik sehingga sampah atau limbah yang diangkut ke TPA sudah semakin berkurang. Begitu pun kehadiran UPTD Bank Sampah segera harus diwujudkan," ucapnya.
(bds)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3873 seconds (0.1#10.140)