Wagub Sebut MPLS Bisa Cegah Paham Radikalisme Pelajar

Senin, 15 Juli 2019 - 11:21 WIB
Wagub Sebut MPLS Bisa Cegah Paham Radikalisme Pelajar
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMAN/SMKN yang digelar sejumlah sekolah di Sulsel bermanfaat menguatkan karakter pelajar. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMAN/SMKN yang digelar sejumlah sekolah di Sulsel bermanfaat menguatkan karakter pelajar.

Karakter inilah yang berperan dalam mencegah penyebaran paham dan pemikiran berbahaya atau radikal bagi Ideologi Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Karakter positif harus dibangun di tiap sekolah. Kepada para siswa, yakinlah bahwa persaingan akan terbuka luas dan semua harus mampu bersaing. Zonasi penerimaan guru dan penempatan guru juga harus diperhatikan. Kedepan, hal itu harus diperhatikan," ungkap Wagub saat menghadiri MPLS SMAN 21 Makassar, Senin (15/07/2019).

Wagub pun berharap, di momentum ini seluruh pendidik dapat mengarahkan para siswa untuk saling mengenal di lingkungan sekolah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo menyampaikan MPLS merupakan kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran, guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

"Rangkaian kegiatan MPLS ini salah satunya adalah tes mengaji, pengenalan ekstrakurikuler, dimana narasumber dari guru. Kegiatan ini harus bebas dari segala bentuk perpeloncohan, pungutan, dan segala bentuk yang melanggar norma yang ada. Siswa di Sulawesi Selatan 94.744 yang diterima," pungkas Irman.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3262 seconds (0.1#10.140)