Tolak Kenaikan Uang Sekolah, Siswa SMKN 4 Tana Toraja Unjuk Rasa

Rabu, 07 Agustus 2019 - 17:07 WIB
Tolak Kenaikan Uang Sekolah, Siswa SMKN 4 Tana Toraja Unjuk Rasa
Aparat kepolisian mengawal demo siswa SMK Negeri 4 Tana Toraja yang menolak kenaikan uang sekolah. Foto: Sindonews/Joni Lembang
A A A
TORAJA - Ratusan siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Tana Toraja, berunjuk rasa di halaman sekolahnya. Aksi tersebut dipicu adanya kenaikan uang sekolah yang dinilai sangat memberatkan siswa.

Dalam aksinya, yang digelar Rabu, (07/08/2019) siswa memajang sejumlah poster yang menolak kenaikan uang sekolah. Siswa juga meminta agar Gubernur Sulawesi Selatan mencopot Kepala SMK Negeri 4 Tana Toraja. Akibat aksi unjuk rasa tersebut, proses belajar mengajar di SMK Negeri 4 terganggu.

Kenaikan uang sekolah yang dikeluhkan siswa SMK Negeri 4 Tana Toraja diantaranya, uang komite yang awalnya hanya Rp50.000 per bulan naik menjadi Rp80.000 per bulan dan uang pangkal bagi siswa baru yang pada tahun ajaran sebelumnya Rp500.000 per siswa di tahun ajaran baru ini naik menjadi Rp1 juta per siswa.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan personel Polsek Makale mengawal jalannya aksi unjuk rasa di SMK Negeri 4 Tana Toraja.

"Persoalan kenaikan uang sekolah sebaiknya diserahkam kepada orang tua, komite dan pihak sekolah untuk dibicarakan ulang. Siswa sebaiknya kembali belajar," ujar Kapolsek Rantepao AKP Yacob Parinding saat memberikan arahan kepada siswa SMK Negeri 4 Tana Toraja yang berunjuk rasa.

Kepala Sekolah SMKN 4 Tana Toraja, Berthyna Adherline Tukkeng menyatakan pihaknya sedang melakukan rapat dengan pihak terkait menyikapi tuntutan siswanya.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2502 seconds (0.1#10.140)