alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Badai Ganas Krosa Terjang Jepang, 580.000 Warga Dievakuasi

Tim Sindonews

MAKASSAR - Otoritas Jepang dilaporkan mengevakuasi 580.000 orang di bagian barat negara tersebut, akibat terjangan badai Krosa, sebagaimana dilaporkan media lokal yang dilansir Sputniknews pada Kamis (15/8/2019).

Kantor berita Kyodo juga menginformasikan bahwa badai hebat itu datang dari barat daya. Evakuasi dilakukan pihak berwenang karena badai Krosa bisa menimbulkan banjir dan tanah longsor yang akan memengaruhi 280.000 rumah tangga di Pulau Kyushu dan Pulau Shikoku.

Sementara itu, layanan meteorologi Jepang telah meningkatkan tingkat siaga ke tingkat keempat dari lima.



Penyiar NHK sendiri menginformasikan bahwa pada hari Kamis ini, ada sekitar 700 penerbangan menuju Jepang barat yang telah ditangguhkan. Selain itu, lalu lintas kereta api juga telah berhenti di beberapa daerah.

Topan Krosa itu diiringi curah hujan, angin kencang dan gelombang tinggi ke negara kepulauan tersebut. Ahli meteorologi memperkirakan curah hujan mencapai 1.000 milimeter (39 inci) di beberapa daerah.

Badai tropis itu bergerak ke utara menuju Laut Jepang dan diperkirakan akan beralih ke pulau Hokkaido, di mana ia diperkirakan akan melemah.



(tyk)