alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sulawesi Selatan Punya Potensi Besar Kembangkan Ekonomi Syariah

Agus Nyomba

MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengungkapkan provinsi ini memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi syariah. Salah satu sektor potensial yang patut dilirik adalah pariwisata, dimana saat ini bahkan di berbagai negara telah mengembangkan wisata halal.

Menurut Sudirman, ekonomi syariah di Sulsel punya peluang pengembangan yang pesat karena pangsanya memang sangat besar dan mendominasi. Tinggal bagaiamana, kata dia, mengemasnya dan melakukan komunikasi agar ekonomi syariah benar-benar bisa semakin diterima.

“Sulawesi Selatan memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan ekonomi syariah. Salah satunya di sektor wisata. Pemprov Sulsel punya program prioritas untuk mengembangkan wisata dan prioritas tersebut dengan kajian bahwa ketika sektor wisata berkembang, maka sektor lain akan ikut berkembang,” kata Sudirman.



Pernyataan Sudirman terkait besarnya potensi ekonomi syariah di Sulsel sebelumnya juga diutarakan di sela pembukaan Pekan Ekonomi Syariah di Atrium Trans Studio Makassar, Jumat (16/8) kemarin. Kegiatan ini di laksanakan oleh Bank Indonesia wilayah Sulsel yang diikuti perwakilan Bank Syariah.

Sudirman mengapresiasi Bank Indonesia Sulsel yang telah mendorong ekonomi syariah. “Ya memang butuh sinergitas antar instansi vertikal atau swasta untuk membuat sebuah ide, bagaimana kita mengembangkan potensi yang ada. butuh sinergitas antar sektor pelaku dan pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Bambang Kusmiarso, menyampaikan pihaknya memiliki visi untuk mengembangkan ekonomi syariah, baik secara nasional maupun regional. Dan, event Pekan Ekonomi Syariah merupakan salah satu upaya merealisasikan visi tersebut.

“Kami Bank Indonesia memiliki misi menjadi Bank sentral ekonomi indonesia yang turut memgembangkan ekonomi syariah di tingkat daerah dan di tingkat nasional. Sebagai wujud hal tersebut, kami melaksanakan kegiatan ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu sendiri, Sudirman mewakili Pemprov Sulsel juga menyerahkan penghargaan kepada lembaga Ziswaf terbaik.



(tyk)