Taufan Pawe Tinjau Pasar Sumpang Jelang Sertifikasi Pasar SNI

Jum'at, 30 Agustus 2019 - 17:59 WIB
Taufan Pawe Tinjau Pasar Sumpang Jelang Sertifikasi Pasar SNI
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe saat meninjau lokasi pasar rakyat Sumpang Minange, Jumat (30/8/2019). Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare saat ini berupaya mewujudkan Pasar Rakyat Sumpang Minangae yang terletak di Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, menjadi pasar yang bersertifikasi standar nasional Indonesia (SNI).

Terkait hal itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, Jumat (30/8/2019), memanfaatkan momen Jumat peduli bersama sejumlah kepala SKPD meninjau lokasi pasar tradisional tersebut.

Kunjungan ini dilakukan setelah salah satu pasar di kota Parepare dipilih oleh tim penilai Kementerian Perdagangan untuk mendapatkan sertifikasi SNI.

Taufan mengatakan, dalam waktu satu tahun, hanya lima pasar di Indonesia yang dinobatkan sebagai pasar yang berkategori fungsi pelayanan dan kenyamanan serta sarana yang ada di pasar rakyat akan diberikan sertifikasi SNI.

"Pasar sumpang ini dinilai oleh kementerian masuk kategori yang cukup baik penataanya. Kita tinggal melakukan sedikit penataan agar lebih optimal," paparnya.

Optimalisasi tersebut, jelas Taufan, yakni kekurangan toilet dan sarana penyempurnaan penataan serta kebersihan. Selain, kata dia, tertib ukur dan higienis makanan yang dijual.

"Kita tentu sangat optimis, Pasar Sumpang bisa menjadi pasar bersertifikasi SNI," tegasnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pedagangan Husni Syam mengatakan, setelah melakukan peninjauan, segera dilakukan penataan secepat mungkin. Pemkot, kata Husni, optimis upaya menjadikan pasa Sumpang sebagai pasar bersertifikasi SNI bisa terwujud.

Husni menambahkan,11 September mendatang, direktur yang membidangi pasar dari Kementerian Perdagangan akan melakukan pertemuan dengan Pemkot setempat.

"Itu untuk memberikan support agar Parepare yang menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan untuk tahun 2019 ini, bisa dinobatkan sebagai pasar bersertifikasi SNI," tandasnya.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9227 seconds (0.1#10.140)