Upaya Pemkab Gowa: Satu RW, Satu Motor Pengangkut Sampah

Selasa, 10 September 2019 - 10:16 WIB
Upaya Pemkab Gowa: Satu RW, Satu Motor Pengangkut Sampah
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memimpin rapat penanganan sampah, di Baruga Tinggimae Rujab Bupati Gowa. Foto : SINDOnews/Herni Amir
A A A
SUNGGUMINASA - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mencegah pencemaran lingkungan terus dilakukan. Salah satunya dengan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan motor roda tiga pengangkut sampah.

Rencananya, satu unit motor untuk satu rukun warga (RW). Tinggal menghitung saja, jumlah RW yang ada di Kabupaten Gowa, maka begitu pula jumlah motor sampah yang akan diadakan.

"Kita harus menyadarkan diri sendiri, lalu kita bisa jadi contoh bagi masyarakat. Saya mau satu RW itu disiapkan satu motor sampah yang digunakan untuk pengangkutan sampah," tukas Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan seusai memimpin langsung rapat penanganan sampah, di Baruga Tinggimae Rujab Bupati Gowa, Selasa (10/09/2019).

Adapun pengadaan motor sampah yang disiapkan tiap RW ini pun dianggarkan melalui dana kelurahan yang telah disiapkan.

Pemkab Gowa sendiri telah menganggarkan Alokasi Dana Kelurahan (ADK) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Gowa untuk 2019 ini sebesar Rp31,017 miliar kepada 46 kelurahan yang ada di daerah ini.

"Kita memang harus membangun komitmen yang kuat dalam hal penanganan sampah ini," pungkasnya.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6371 seconds (0.1#10.140)