255 Polisi Dikerahkan Kawal Pilkades Serentak di Luwu

Senin, 16 September 2019 - 15:42 WIB
255 Polisi Dikerahkan Kawal Pilkades Serentak di Luwu
Polres Luwu mengerahkan 255 personel untuk pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Luwu, Rabu (18/9/2019). Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Sedikitnya 255 polisi dikerahkan untuk pengamanan di 88 TPS pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Luwu, Rabu (18/9/2019) mendatang. Pelepasan ratusan polisi ini dilaksanakan pada apel pergeseran pasukan yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Polres Luwu, Kompol Abraham Tahalele, Senin (16/9/2019).

Dalam apel pergeseran pasukan yang digelar di Mapolres Luwu, Abraham memberikan sejumlah arahan dan penekanan kepada aparat yang akan bertugas. Di antaranya terkait upaya memelihara kondisi kamtibmas yang aman dan tertib serta menciptakan pesta demokrasi yang benar-benar jujur, adil dan bermartabat.

"Polres Luwu telah beberapa kali melaksanakan pengamanan pesta demokrasi, di antaranya adalah Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Bupati dan Wakil Bupati Luwu, pemilu Legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada beberapa bulan lalu," ujarnya.

"Pengalaman tersebut menjadi bekal Polres Luwu untuk menyelenggarakan pengamanan pelaksanaan pemilihan 88 kepala Desa serentak di Kabupaten Luwu pada Rabu 18 nanti," tambahnya.

Dijelaskan Wakapolres Luwu bahwa pola pengamanan Pilkades ini ada perbedaan dengan pengamanan pemilu sebelumnya. "Para calon di pilkades adalah putera setempat yang saling bersaing. Hal ini tentu memunculkan gesekan yang serius jika tidak segera dihindari atau diselesaikan jika muncul persoalan," katanya.

Olehnya itu, Abraham berpesan agara seluruh personil yang bertugas nanti untuk menjaga netralitas dan fokus pada kantibmas, menjaga agar tidak terjadi gesekan hingga pasca perhitungan suara.

Untuk diketahui, jumlah desa yang akan mengikuti pilkades sebanyak 88 desa dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 312 orang calon.

"Sistem pengamanan dalam setiap TPS bervariasi, diantaranya terdapat 2 personil 1 TPS, 3 Personil 1 TPS dan 5 personil untuk 1 TPS, disesuaikan dengan situasi dan kondisi TPS desa masing-masing. selain itu pengamanan TPS akan di back up oleh TNI," sebut Wakapolres Luwu.

"Kepada personil pengamanan TPS setelah Apel ini segera bergeser ke tempat tugas, kenali kondisi kamtibmas, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, jaga kesehatan dan keselamatan, selamat bertugas," kuncinya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3233 seconds (0.1#10.140)