Warga Sumbang Pemkab Bulukumba Sebuah Kapal Pinisi

Rabu, 18 September 2019 - 18:04 WIB
Warga Sumbang Pemkab Bulukumba Sebuah Kapal Pinisi
Pembuatan kapal pinisi di kabupaten Bulukumba. Foto: Sindonews/dok
A A A
BULUKUMBA - Salah seorang pengusaha kapal pinisi Bulukumba, Syarifuddin, memberikan bantuan kapal pinisi secara gratis kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba.

“Iya, kita dikasih oleh warga dalam bentuk hibah. Mungkin dia kasihan melihat karena kita tidak punya kapal pinisi,” kata kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Muh Ali Saleng, Rabu, (18/09/2019).

Dia mengatakan, kondisi kapal pinisi bantuan warga masih cukup bagus. Bahkan, kata dia, konsultan memprediksi masih bisa bertahan sampai 20 tahun ke depan. Panjang kapal ini mencapai 21 meter.

“Setelah kita dikasih, saya langsung panggil konsultan melihat itu kapal, dia mengatakan masih bagus. Karena memang ini dibuat 2017 lalu. Kapal ini dipakai waktu acara annyorong lopi(mendorong kapal) waktu festival pinisi 2018,” katanya.

Meski demikian, lanjut Ali Saleng, pihaknya tetap akan melakukan renovasi terhadap kapal bantuan warga tersebut, khususnya dibagian atas perahu mau diganti. Anggaran perbaikan diprediksi mencapai Rp200 juta.

“Kamar dan beberapa lainnya kita akan ubah. Tapi, ini dilakukan secara bertahap. Tidak bisa langsung semua. Yang penting kita sudah ada kapal sendiri,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kehadiran bantuan kapal pinisi membuat pengadaan kapal dibatalkan. Meski pembatalan ini disebabkan anggaran pengadaannya dianggap terlalu kecil, sebab hanya mencapai Rp1,4 miliar. Ukuran kapal sangat kecil.

“Kita sudah tawarkan kemana-mana. Tapi, ini tidak jadi karena ukurannya terlalu kecil. Jadi, anggaran itu dialihkan untuk perbaikan kapal bantuan diatas. Tapi, untung ada orang yang berbuat baik mau membantu peranu pinisi,” tutupnya.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6883 seconds (0.1#10.140)