Resmi! BJ Habibie Diabadikan Jadi Nama Stadion di Parepare

Sabtu, 28 September 2019 - 08:02 WIB
Resmi! BJ Habibie Diabadikan Jadi Nama Stadion di Parepare
Stadion Gelora Mandiri resmi berganti nama menjadi Stadion Gelora BJ Habibie. Foto: Wikipedia.
A A A
PAREPARE - Stadion Gelora Mandiri di Kota Parepare, Sulsel, resmi berganti nama menjadi Stadion Gelora BJ Habibie. Launching sekaligus perubahan nama stadion dilakukan oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Jumat (27/9/2019). Peresmian nama baru stadion dirangkaikan dengan pembukaan turnamen Wali Kota Cup 2019.

Gubernur Nurdin mengungkapkan perubahan nama stadion merupakan bentuk penghargaan kepada BJ Habibie. Toh, Presiden RI ketiga ini merupakan putra daerah. BJ Habibie lahir di Kota Parepare. Stadion ini diharapkan menjadi salah satu bangunan untuk mengenang almarhum yang telah membanggakan daerah, bangsa dan negara.

“Saya, kalau ditanya soal perubahan nama stadion kita menjadi Stadion BJ Habibie, saya 1.000 persen setuju,” kata Gubernur Nurdin, dalam keterangan persnya.

Gubernur Nurdin menyampaikan bahwa BJ Habibie merupakan salah satu putra terbaik Kota Parepare. Almarhum tidak hanya mengharumkan nama Kota Parepare maupun Sulsel, tapi juga Indonesia di mata dunia. Toh, BJ Habibie merupakan tokoh dalam dunia penerbangan internasional.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, sebelumnya telah meminta restu nama stadion ini diganti. Kata dia, keputusan penggantian nama dari Stadion Gelora Mandiri ke Stadion Gelora BJ Habibie berdasarkan masukan dari sejumlah elemen, termasuk masyarakat.

“Masyarakat mengatakan bahwa, apa tidak sebaiknya Stadion Gelora Mandiri itu mencanangkan pergantian nama Gelora Mandiri BJ Habibie,” sebutnya.

Di Kota Parepare sendiri, sejumlah bangunan dan monumen sudah diabadikan dengan nama BJ Habibie. Mulai dari gapura selamat datang Kota Parepare hingga patung cinta sejati Habibie-Ainun. Selain itu juga akan hadir Institut Teknologi Habibie.

Rumah BJ Habibie semasa kecil di Kota Parepare bahkan rencananya akan dibeli Pemkot untuk dijadikan museum. Tidak berhenti sampai di situ, pemerintah tengah membangun rumah sakit dengan mengabadikan nama istri BJ Habibie yakni Hasri Ainun.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6514 seconds (0.1#10.140)