TOPIK TERPOPULER

Pemkot Makassar Siap Gandeng Swasta Kelola Tanjung Bayang

Vivi Riski Indriani
Pemkot Makassar Siap Gandeng Swasta Kelola Tanjung Bayang
Pemkot Makassar siap menggandeng pihak swasta untuk pengelolaan kawasan wisata Tanjung Bayang. Foto: Instagram BPSPL Makassar.

MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, siap menggandeng pihak swasta yang ingin berinvestasi untuk pengembangan kawasan objek wisata di Kota Makassar. Salah satu objek wisata yang ditawarkan yakni Tanjung Bayang. Kawasan ini merupakan objek wisata paling populer bagi kalangan masyarakat Kota Daeng.

Selain lokasinya yang mudah dijangkau, pengunjung juga tidak dibebankan biaya mahal untuk menikmati keindahan pantai di kawasan tersebut. “Kalau mau berinvestasi silahkan, selama itu meningkatkan kualitas dari objek wisata itu tidak masalah," ujar Iqbal.



Hanya saja, kata dia, keterlibatan pihak ketiga dalam pengelolaan Tanjung Bayang tidak serta merta langsung dilakukan. Sebab, harus melalui proses kajian terlebih dulu dan sejalan dengan visi misi Kota Makassar. “Kita lihat dulu apa yang dia (pihak swasta) kerja dan apa yang dia bangun. Tentunya beda kalau hanya sekedar mengelola dengan membangun investasi yang besar, itu tentunya harus kita lihat," ujarnya.

Dia menilai sebagai objek wisata, kawasan Tanjung Bayang memiliki potensi yang cukup besar dalam menarik minat wisatawan, baik lokal maupun nasional. Apalagi, pemkot berencana menjadikan Tanjung Bayang sebagai lokasi city tour sehingga perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang baik.

Terlebih lagi, kata Iqbal, kondisi Tanjung Bayang saat ini masih semrawut dan belum tertata dengan baik sehingga jumlah wisatawan dari luar Kota Makassar yang berkunjung belum terlalu optimal. “Tentu kita mau yang lebih baik, daripada sekarang lebih liar dan tidak terorganisir dengan baik. Kalau ada swasta yang mau apalagi konsepnya itu sama dengan visi pemkot silahkan, yang jelasnya intinya pantai itu adalah publik space," ungkapnya.



Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Majid mengatakan sejauh ini pihaknya tidak ada pos anggaran khusus untuk pengelolaan Tanjung Bayang. Apalagi, saat ini kawasan tersebut dikelola oleh LPM bukan Dinas Pariwisata. "Tidak ada anggarannya, itu dikelola sama pihak ketiga, kalau tidak salah LPM setempat," singkatnya.



(tyk)

Berita Terkait
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!