Lomba Perahu Tradisional Warnai Pesta Adat di Sinjai

Selasa, 08 Oktober 2019 - 19:49 WIB
Lomba Perahu Tradisional Warnai Pesta Adat di Sinjai
Lomba perahu tradisional yang digelar di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, Selasa, (07/10/2019). Foto: Sindonews/Irman Bagoseng
A A A
SINJAI - Berbagai lomba digelar dalam rangkaianpesta adat Marimpa Salo yang dipusatkan di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur. Termasuk lomba perahu tradisional, Selasa, (07/10/2019).

Kegiatan tahunan ini diprakarsai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai dan bekerja sama Pemerintah Desa setempat.

Panitia pelaksana Zakiah mengatakan bahwa lomba ini dibagi dalam dua kategori yakni lomba balap perahu katinting dan jolloro.

"Untuk lomba perahu katinting ini ada 13 pesertanya yang berasal dari Pulau Batang Lampe dan Larea-Rea Lappa, sedangkan lomba jolloro diikuti 9 peserta dari Desa Sanjai dan Larea-Rea Kelurahan Lappa," katanya.

Zakiah yang juga Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Sinjai mengatakan, tujuan lomba ini adalah untuk menghibur masyarakat dan sebagai ajang silaturahmi antar nelayan dan pemilik perahu yang ada di Sinjai.

"Balap perahu tersebut juga untuk mengangkat potensi wisata yang ada di daerah pesisir Sinjai. Pasalnya Sinjai memiliki bentangan pantai yang cukup luas," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai menyelenggarakan festival Layang-Layang yang di pusatkan di objek Wisata Pantai Hubat di Dusun Jahung-jahung di Desa yang sama.

Festival Layang-Layang, juga rangkaian menyambut Pesta Adat Marimpa Salo yang setiap tahun dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober mendatang.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7090 seconds (0.1#10.140)