alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pembangunan Tugu Nol Kilometer Dimulai saat HUT Makassar

Vivi Riski Indriani

MAKASSAR - Kota Makassar akan memiliki tugu titik nol kilometer. Lokasinya berada di ujung Jalan Tol Reformasi, tepatnya depan pintu utara Pelabuhan Soekarta Hatta. Rencananya, pembangunan tugu ini akan bertepatan dengan HUT Makassar pada 9 November mendatang.

Kepala Bidang Bina Teknik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Ansuard, mengatakan proyek pembangunan tugu ini merupakan bantuan kerja sama atau CSR dari PT Pelindo IV. Anggarannya kurang lebih sekitar Rp200 juta.

Rencananya, tugu 0 kilometer ini akan dibangun dalam satu kawasan ruang terbuka hijau. Luasnya, dua kali ukuran lapangan volly atau panjang 36 meter dan lebar 18 meter.



Jika ini terealisasi maka jumlah ruang terbuka hijau pemkot dipastikan akan bertambah, sekaligus menjadi salah satu pilihan destinasi wisata bagi masyarakat. Sebab, tidak hanya tugu yang akan dibangun melainkan taman bermain anak, hingga joging track. “Jadi di sana nanti bukan hanya ada tugu, tapi ada juga joging track, taman bermain, hingga taman terbuka hijau," ucapnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, pembangunan tugu titik nol kilometer ini rencananya akan di-launching bertepatan dengan HUT Kota Makassar ke 412 pada 9 November 2019 mendatang. Hanya saja, terlebih dulu pihaknya akan mengajukan surat ke Pemerintah Pusat mengingat lokasi pembangunan merupakan aset milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR).

“Kita mau minta izin dulu ke kementerian, karena tanahnya itu milik kementerian. Itu izin terkait pemakaian karena itu lahannya kan Pemerintah Pusat. Kalau pembangunannya mungkin dua bulan sudah bisa rampung," ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan, M Sabri selaku Ketua Panitia Pelaksana HUT Kota Makassar memasukkan launching pembangunan tugu titik 0 kilometer dalam salah satu rangkaian kegiatan ulang tahun kota. “Peletakan batu pertama untuk pembangunan tugu titik nol kilometer itu tanggung jawab PU. Silahkan atur jadwalnya kapan akan di-launching," ucapnya.

Selain pembangunan tugu titik 0 kilometer, ada hal baru lainnya yang disajikan dalam peringatan ulang tahun kota. Seperti revitalisasi tugu pahlawan yang ada di depan Benteng Fort Roterdam, pedestrian 5K untuk pejalan kaki dan lajur sepeda, hingga pengadaan kanal wisata yang ada di wilayah Kecamatan Mariso.



(tyk)