17 Kepala Negara dan 168 Dubes Bakal Hadiri Pelantikan Jokowi

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:03 WIB
17 Kepala Negara dan 168 Dubes Bakal Hadiri Pelantikan Jokowi
Sebanyak 17 kepala negara dan 168 dubes akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres RI, Jokowi-Maruf Amin, Minggu (20/10) besok. Foto: Setneg RI.
A A A
JAKARTA - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menginformasikan jumlah kepala negara yang siap hadir pada pelantikan Presiden dan Wapres RI, Jokowi-Ma'ruf Amin, bertambah menjadi 17 orang. Adapun duta besar (dubes) yang mengkonfirmasi hadir sebanyak 168 orang.

"Ada 17 kepala negara, kepala pemerintahan dan utusan khusus yang confirm hadir besok," kata Bamsoet usai menghadiri langsung gladi bersih pelantikan Presiden dan Wapres RI yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Politikus Partai Golkar ini menyebutkan 17 kepala negara yang sudah memastikan hadir besok. Mereka adalah Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahatir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Australia Scott Morrison hingga Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah.

Tak hanya para kepala negara, Bamsoet menuturkan, Kesekretariat MPR juga mengonfirmasi kehadiran duta besar (dubes) negara sahabat pada pelantikan presiden Minggu besok. "Duta besar kalau tidak salah 168 yang hadir," ujarnya.

Untuk tokoh nasional yang sudah memastikan hadir di antaranya yakni Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mantan Wakil Presiden Hamzah Haz, mantan Wakil Presiden Boediono hingga mantan pesaing Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

"Seluruhnya alhamdulillah confirm hadir," kata Bamsoet.

Sebelumnya Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan sembilan kepala negara dipastikan menghadiri pelantikan presiden. Bahkan, beberapa di antaranya sudah di Jakarta.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9832 seconds (0.1#10.140)