alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kota Makassar Topang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Vivi Riski Indriani

MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyebut pertumbuhan ekonomi Kota Makassar ikut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Iqbal mengutarakan hal itu saat menghadiri musyawarah kerja (Musker) Nahdatul Ulama (NU) cabang Kota Makassar.

"Tingkat pertumbuhan ekonomi Makassar mencapai 8,23 persen mengalahkan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang hanya sebesar 7,07 persen di bawah Makassar. Tentu ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional,” papar Iqbal, Minggu (28/10/2019).

Iqbal menerangkan, pertumbuhan ekonomi nasional berada pada kisaran 5,15 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi Makassar berada di atas provinsi dan nasional. Menurut dia, kondisi ini disebabkan oleh tren ekonomi kerakyatan yang terus menggeliat dan tidak mengikuti tren ekonomi global.



Iqbal mengakui, terjadi perlambatan perdagangan antarnegara berupa ekspor import, khususnya bio fuel. Namun hal tersebut, menurutnya tidak memengaruhi pertumbuhan ekonomi di Makassar secara global. Penyebabnya tak lain adalah pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang terus bertumbuh.

"Menariknya Kota Makassar tidak mengikuti tren ekonomi global, Makassar justru cenderung stabil, sehingga tidak mengganggu roda perekonomian di Makassar sebagai kota perdagangan yang tidak pernah tidur, roda perdagangan terus berputar selama 24 jam," sambung Iqbal.

Dalam kesempatan tersebut, Iqbal berharap seluruh kader NU yang berada di Pemerintah Kota Makassar maupun yang berada di lembaga eksekutif, dapat mendukung program Pemerintah Kota Makassar.

"Kami harapkan seluruh kader NU dapat bersinergi untuk terus membangkitkan ekonomi keumatan bagi masyarakat Makassar, apalagi NU membawa konsep keislaman yang moderat sehingga ketentraman dan keamanan kota Makassar dapat berjalan kondusif," harapnya.



(man)