32 Orang Disabilitas Dilatih Jadi Pengusaha Sukses

Rabu, 30 Oktober 2019 - 15:18 WIB
32 Orang Disabilitas Dilatih Jadi Pengusaha Sukses
Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Makassar mengajak 32 orang Penyandang Disabilitas Fisik yang berdomisili di Makassar untuk menjadi pengusaha sukses. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya Makassar mengajak 32 orang Penyandang Disabilitas Fisik yang berdomisili di Makassar untuk menjadi pengusaha sukses.

Ajakan untuk menjadi pengusaha dikemas dalam bentuk kegiatan Intervensi Program Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Berbasis Masyarakat, Keluarga dan Institusi.

Mereka yang diajak merupakan penyandang disabilitas fisik yang sudah mempunyai embrio usaha. Rencananya kegiatan intervensi ini dilaksanakan selama 4 (Empat) hari, yakni dari hari Rabu 30 Oktober hingga 2 November 2019, bertempat di Hotel Denpasar Kota Makassar.

"Jadi selama 4 hari, 32 orang peserta akan dibekali dengan berbagai materi, baik dari dinas sosial, dinas perindustrian dan perdagangan, serta dari Dinas UMKMK Kota Makassar," kata Kepala Seksi Asesmen dan Advokasi Sosial Muh Yakub kepada SINDOnews.

Sementara itu, Kepala BRSPDF Wirajaya Makassar Syaiful Samad menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan program rehabilitasi sosial yang dilaksanakan di luar Balai. Kegiatan yang dilaksanakan di Kota Makassar diharapkan bisa menjadi pilot project, sebab untuk Tahun Anggaran 2019 lima Kabupaten/Kota yang menjadi sasaran kegiatan yang sama.

Kelima daerah tersebut yakni Kabupaten Luwu Utara, Gowa, Jeneponto dan kota Makassar Sulawesi Selatan serta Kota Ambon.

“Untuk kegiatan rehabilitasi sosial di luar Balai yang dilaksanakan di Kota Makassar, diharapkan menjadi pilot project," ungkap Syaiful.

Untuk hari pertama, Hadir sebagai Narasumber diantaranya Anggota DPRD Kota Makassar yang diwakili oleh Mario David, Kadis Sosial Kota Makassar Mukhtar Tahir, dan dari Kementerian Agama Kota Makassar Rafik. Nantinya, dalam kegiatan intervensi ini akan dilakukan penyaluran bantuan stimulan usaha senilai 2,5 Juta/orang bagi ke 32 orang penyandang disabilitas.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat menjadi cikal bakal untuk mendorong kemandirian usaha bagi saudara-saudara kita, khususnya bagi penyandang disabilitas yang berada di Kota Makassar," harap Syaiful.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7533 seconds (0.1#10.140)