Dugaan Monopoli Tol Laut Didominasi pada Rute Indonesia Timur

Sabtu, 02 November 2019 - 11:33 WIB
Dugaan Monopoli Tol Laut Didominasi pada Rute Indonesia Timur
Dugaan monopoli tol laut didominasi terjadi pada rute Kawasan Timur Indonesia. Foto/Ilustrasi.
A A A
JAKARTA - Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Wisnu Handoko, mengungkapkan ada empat trayek pengiriman barang melalui tol laut yang berpotensi dimonopoli oleh perusahan swasta. Keempat trayek tersebut meliputi trayek Tanjung Priok-Namlea, Tanjung Priok-Dobo, Tanjung Priok-Saumlaki dan Tanjung Priok-Wasior.

Wisnu mengakui monopoli barang pada program tol laut yang digagas Presiden Jokowi memang didominasi rute Kawasan Indonesia Timur. "Kebanyakan trayek yang dimonopoli memang di Indonesia bagian timur. Ini terjadi karena pengirimannya paling besar ke sana," ujarnya di Jakarta.

Wisnu menjelaskan problem monopoli sebenarnya telah disasar oleh Direktorat Laut sejak lama. Dugaan monopoli itu terlihat dari laporan pengawasan operasional pengiriman barang yang telah dilakukan oleh masing-masing kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan.

Wisnu memastikan telah meminta pihak KSOP untuk memperketat pengawasan terhadap pengiriman barang. Namun, kementeriannya tidak berwenang menyentuh bisnis perdagangan.

"Jadi kalau harga kan punya mekanisme pemantuan harga pasar. Dari kami, kalau misalnya pemain yang ada di situ gimana, kami mengawasi," katanya.

Dalam rangka memperketat pengawasan, pada 2018, Kemenhub membangun sistem digital untuk melacak arus barang masuk dan keluar melalui platform informasi muatan ruang kerja (IMRK). Melalui sistem itu, Kemenhub dapat mencatat perusahaan-perusahaan swasta mana saja yang terlibat sebagai pelaku pengirim muatan.

Namun, pihaknya mengakui sistem digital pengawasan itu perlu diperbarui dalam waktu dekat. Sementara itu, untuk menindaklanjuti adanya dugaan monopoli, Kemenhub akan menggelar rapat dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0591 seconds (0.1#10.140)