Eks Wabup Mimika Ramaikan Pilkada Toraja Utara 2020

Senin, 04 November 2019 - 18:15 WIB
Eks Wabup Mimika Ramaikan Pilkada Toraja Utara 2020
Yohanis Bassang saat mengikuti fit and proper test di DPD I Golkar Sulsel. Foto: SINDOnews/Muhaimin
A A A
MAKASSAR - Eks Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mimika, Yohanis Bassang siap bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Toraja Utara tahun 2020 mendatang. Dia mengaku sudah menyiapkan dua strategi untuk memuluskan langkahnya itu.

Bassang mengaku mengejar rekomendasi sejumlah partai yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Toraja Utara. Seperti Golkar, PDIP, Demokrat dan Hanura.

Meski mengejar rekomendasi partai, Bassang juga menyiapkan opsi jalur independen. Opsi itu disiapkan andai partai yang ia incar, tak mengusungnya di Pilkada.

"Opsi jalur partai kita siapkan, kan rakyat yang memilih. Syarat jalur independen juga kan rakyat, jadi semua jalan. Sekarang bahkan sementara berjalan. Ini ibaratnya mobil, sehingga harus siapkan ban serep, harus disiapkan semua,” ungkapnya saat ditemui di Kantor DPD I Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (4/11/2019).

Bassang cukup pede menatap Pilkada Toraja Utara. Sebab ia punya pengalaman di Pilkada Mimika 2013. Saat itu, Bassang berhasil keluar sebagai pemenang di Pilkada Mimika 2013 lalu dengan menggunakan jalur independen. Mendampingi Eltinus Omaleng,Bassang berhasil menumbangkan 11 pasangan calon saat itu.

Menurut Bassang, dia ingin membangun tempat kelahirannya, Toraja Utara. Olehnya itu, dia siap mewakafkan dirinya untuk pulang kampung.

“Keperihatinan melihat perkembangan yang ada di sana. Sehingga saya ingin pulang untuk berbuat sedikit kemajuan untuk tanah kelahiran saya,” ujarnya.

Selain menyiapkan dua opsi, Bassang juga telah menentukan wakilnya di PilkadaToraja Utara 2020. Pilihannya jatuh kepada Marthen Rantetondok, eks legislator DPRD Sulsel periode sebelumnya.

"Kalau wakil sudah ada Pak Marthen. Beliau memiliki komitmen dan visi misi yang sama untuk membangun Toraja Utara menjadi lebih baik. Kan saya sebagai birokrat dan pak Marthen politisi jadi sudah ketemu,'' tuturnya.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7863 seconds (0.1#10.140)