Pendidikan Akhlak Penting untuk Bentuk Karakter Anak Didik

Rabu, 06 November 2019 - 15:58 WIB
Pendidikan Akhlak Penting untuk Bentuk Karakter Anak Didik
Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menekankan pentingnya pendidikan akhlak untuk membentuk karakter anak didik. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menekankan pentingnya pendidikan akhlak dalam membentuk karakter anak didik. Hal itu disampaikannya di sela Boot Camp di Baruga Anging Mammiri PAUD Dikmas Sulsel, Jalan Adhyaksa, Kota Makassar, Rabu (6/11/2019).

“Ya pendidikan akhlak perlu untuk membentuk karakter anak didik, apalagi kita ini adalah negara yang beragama,” kata Sudirman pada kegiatan bertema ‘Pengembangan Kapasitas Bagi Anak dan Remaja Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan’.

Selain pendidikan karakter, Sudirman juga menekankan pentingnya menanamkan pendidikan kearifan lokal. Contoh nilai kearifan lokal di Sulsel yakni ajaran terkait Sipakalebbi, Sipakatau dan Sipakainge, khususnya untuk diterapkan kepada orang tua.

“Selanjutnya, ya bagaimana peran orang tua harus lebih ekstra lagi dan juga di lingkungan-lingkungannya harus kita memperhatikan lagi,” ucap Sudirman.

Ia juga menambahkan di era yang menuntut modernitas dan penguasaan digital, tetap diperlukan filter budaya. “Filternya adalah budaya ketimuran dan agama karena itu kearifan lokal yang tidak boleh hilang. Itu sudah menjadi ciri khas kita sebagai bangsa yang kuat,” ungkapnya.

Boot Camp ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Keluarga Peduli Pendidikan dan Sahabat Keluarga. Kegiatan ini dihadiri delapan sekolah dari Kabupaten Maros dan sembilan sekolah dari Kota Makassar.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2049 seconds (0.1#10.140)