Terungkap! Ledakan di Kejari Parepare Berasal dari Barang Bukti Detonator

Rabu, 20 November 2019 - 17:02 WIB
Terungkap! Ledakan di Kejari Parepare Berasal dari Barang Bukti Detonator
Polres Parepare memastikan ledakan di Kejari Parepare berasal dari sisa barang bukti detonator yang dimusnahkan pada September 2019. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
PAREPARE - Penyebab ledakan yang terjadi di halaman belakang Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Parepare pada Selasa (19/11/2019) akhirnya terungkap. Ledakan tersebut dipastikan berasal dari detonator bekas pemusnahan barang bukti kasus penyelundupan bom ikan yang dilakukan pada September lalu.

Kapolres Parepare, AKBP Budi Susanto, mengatakan dari hasil investigasi Tim Penjinak Bom menemukan adanya detonator yang yang tidak larut dalam pemusnahan. "Dipastikan detonator penyebab ledakan," kata dia, kepada SINDOnews (20/11/2019).

Ketika dimusnahkan pada September lalu, kata Budi, barang bukti detonator diperkirakan tidak larut. Terungkap pula, kemarau yang berkepanjangan tidak melarutkan zat yang terkandung pada detonator.
"Meledak karena sudah lama tidak hujan dan cuaca panas. Hal itu tidak melarutkan zat yang ada pada detonator," terang dia.

Diketahui pada September 2019, Kejaksaan Negeri Parepare memusnahkan 490 detonator sebagai barang bukti hasil kejahatan tindak pidana umum yang ditangani sepanjang tahun 2018 hingga pertengahan 2019.

Berselang sekitar dua bulan, ledakan besar terjadi di kantor kejaksaan dan sempat membuat panik warga Parepare. Ledakan tersebut bahkan terdengar hingga radius ratusan meter dari lokasi kejadian.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6327 seconds (0.1#10.140)