Kapolres Pangkep Usul Penambahan Jumlah Personel Bhabinkamtibmas

Selasa, 26 November 2019 - 20:24 WIB
Kapolres Pangkep Usul Penambahan Jumlah Personel Bhabinkamtibmas
Kapolres Pangkep, AKBP Ibrahim Aji saat berbincang dengan wartawan di Pangkep, Selasa (26/11/2019). Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan
A A A
PANGKEP - Luasnya wilayah hukum Kepolisian Resor Pangkep yang tidak didukung dengan jumlah personel Bhabinkamtibmas, menjadi perhatian Kapolres Pangkep, AKBP Ibrahim Aji.

Menurut Ibrahim, dengan wilayah yang mencakup daratan, pegunungan dan kepulauan yang cukup luas serta jumlah desa dan kelurahan lebih seratus, dianggap tak seimbang dengan jumlah Bhabinkamtibmas yang hanya 30-an orang saja.

"Sekarang jumlahnya cuma 30-an orang. Satu Bhabin sekarang tangani tiga desa," terang Ibrahim kepada wartawan, Selasa (26/11/2019).

Padahal kata Ibrahim, tugas Bhabinkamtibmas cukup penting dalam menjaga situasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Bhabhikamtibmas menurutnya adalah pilar kamtibmas bersama pemerintah desa dan kelurahan, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Ibrahim mengatakan, tugas Bhabinkamtibmas selain menjaga situasi juga sebagai penengah jika terjadi konflikdi tengahmasyarakat.

"Jika ada konflik atau potensi konflik dalam masyarakat Bhabinkamtibmas bisa mendeteksi dan melakukan pencegahan awal," jelasnya.

Ia menyebutkan, usulan penambahan personel Bhabinkamtibmas sebanyak 50-an. Menurutnya, angka tersebut akan cukup untuk mengefektifkan tugas-tugas lapangan Bhabinkamtibmas.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8633 seconds (0.1#10.140)