PKK Sulsel Gelar Senam Sehat dan Pengobatan Gratis di Bone

Sabtu, 30 November 2019 - 22:02 WIB
PKK Sulsel Gelar Senam Sehat dan Pengobatan Gratis di Bone
PKK Sulsel menggelar senam sehat dan baksos kesehatan di Kabupaten Bone. Foto: Istimewa
A A A
WATAMPONE - Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel menggelar senam sehat serta bakti sosial (baksos) kesehatan berupa pemeriksaaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat Kabupaten Bone. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Merdeka Watampone, Sabtu (30/11/2019).

Khusus untuk senam sehat, terdata ada setidaknya 700 peserta yang merupakan gabungan dari Bhayangkari, Persit, Satpol PP, mahasiswa, dan masyarakat Bone. Setelah mengikuti senam sehat, tak sedikit yang ikut pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

Tampak antusiasme warga yang langsung antre untuk memperoleh pemeriksaan gula darah, kolesterol dan tekanan darah secara gratis. Sebanyak 17 tenaga medis dari RSUD Haji Makassar, RSUD Pertiwi dan Unit Transfusi Darah Provinsi Sulsel dikerahkan untuk melayani masyarakat.

“Hari ini kami bersama warga Bone melaksanakan senam sehat untuk menjalin keakraban dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat Kota Watampone,” jelas Lies F Nurdin selaku Ketua TP PKK Sulsel.

Lies mengatakan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat adalah bentuk dukungan TP PKK Sulsel kepada program prioritas Pemprov Sulsel yang mengupayakan pemerataan kesehatan di masyarakat.

“Kami menginginkan seluruh masyarakat sehat, jadi apapun yang bisa kami lakukan, kami lakukan. Jadi (pemeriksaan kesehatan) walaupun kecil nilainya tapi sangat berarti untuk masyarakat, karena mereka tidak perlu ke dokter secara khusus untuk melakukan pemeriksaan,” sebutnya.

Ia juga mengapresiasi dukungan beberapa rumah sakit yang selalu sedia menyiapkan tim medis dan peralatan medik untuk menggelar pemeriksaan di setiap daerah yang dikunjungi PKK Sulsel. “Alhamdulillah dari rumah sakit semua back-up kalau kami ke daerah, timnya ada yang ikut untuk pemeriksaan gratis untuk masyarakat,” jelasnya.

Direktur RSUD Haji Makassar, Haris Nawawi, mengatakan pihaknya mensupport penuh seluruh kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi Sulsel. “Kami menjemput bola dengan mendatangi masyarakat dan menggelar posko pemeriksaan kesehatan gratis, sebagaimana amanah Gubernur Nurdin Abdullah yang berharap kami menjadi ujung tombak menciptakan pemerataan kesehatan bagi masyarakat,” kata Haris.

Selain memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, bakti sosial ini juga memberikan pengobatan gratis bagi warga yang memerlukan. “Jadi, untuk warga yang gula darahnya rendah kami beri multivitamin dan untuk yang tekanan darah dan kolesterol tinggi, kami bantu dengan beberapa pengobatan serta anjuran untuk melakukan pola hidup sehat,” jelasnya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0600 seconds (0.1#10.140)