BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Tahun 2020 Capai 7,6 Persen

Kamis, 05 Desember 2019 - 19:19 WIB
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Tahun 2020 Capai 7,6 Persen
Suasana pertemuan tahunan Bank Indonesia yang memaparkan potensi pertumbuhan ekonomi di Sulsel. Foto: Humas Sulsel
A A A
MAKASSAR - Bank Indonesia kantor Perwakilan Sulsel, memprediksi pertumbuhan ekonomi di Sulsel pada tahun 2020 masih teta[ tinggi dan mencapai hingga 7,6 persen.

Hal itu terungkap pada pertemuan tahunan Bank Bank Indonesia (PTBI) 2019 dengan tema Sinergi, Transformasi, Inovasi menuju Indonesia Maju. Pertemuan tersebut dihadiri oleh mantan Menteri Kelutan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti dan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso memprediksi, pertumbuhan ekonomi Sulsel di tahun 2020 tetap tinggi, yakni di kisaran 7,2 hingga 7,6 persen (yoy).

“Dengan modal pembangunan yang telah dilakukan pada tahun 2019 dan dengan mencermati perkembangan ekonomi yang ada, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan 2020 diperkirakan akan meningkat dalam kisaran 7,2 – 7,6 persen (yoy),” sebut Bambang Kusmiarso.

Bambang melanjutkan, beberapa faktor yang dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Sulsel pada tahun 2020 antara lain, komoditas ekpor Sulsel tidak terdampak perang dagang Amerika dan Tiongkok, peningkatan konsumsi rumah tangga, berlanjutnya stimulus fiskal pemerintah pada peningkatan infrastruktur di luar daerah, serta berlangsungnya beberapa proyek infrastruuktur pemerintah yang ikut mendorong lapangan usaha konstruksi.

"Bauran kebijakan Bank Indonesia yang akomodatif akan dilanjutkan pada tahun 2020 mendatang, termasuk dalam mendorong pengembangan UMKM, sektor prioritas, ekspor dan pariwisata," jelasnya.

Kegiatan yang bertema Sinergi, Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Maju tersebut, Bambang menyampaikan pandangan Bank Indonesia melalui evaluasi ekonomi untuk tahun 2019 dan prospek pertumbuhan ekonomi di tahun 2020, yang bertujuan memperkuat pertahanan dan mendorong ekonomi nasional Sulawesi Selatan

“Perbankan dan dunia usaha bersama-sama perlu memperkuat confidence dan optimisme dalam membangun ekonomi indonesia lebih baik ke depan, melalui peningkatan kredit dan investasi,”jelas Bambang.

Sementara, dalam arahannya, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan perihal komitmen Pemprov Sulsel untuk terus bersinergi bersama sektor perbankan.

"Ketika kita melihat perkembangan ekonomi di Sulawesi Selatan, selalu di atas nasional, melihat perkembangannya, kita harapkan tahun berikutnya bisa berkembang lebih baik,” ucap Andi Sudirman.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7807 seconds (0.1#10.140)