Mutasi Polri: Selain Penunjukkan Kabareskrim, 5 Kapolda Diganti

Jum'at, 06 Desember 2019 - 15:04 WIB
Mutasi Polri: Selain Penunjukkan Kabareskrim, 5 Kapolda Diganti
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis merotasi sejumlah jabatan kepala kepolisian daerah (kapolda). Ada lima kapolda yang dimutasi. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mutasi jabatan di tubuh Polri ternyata tidak hanya pada posisi Kabareskrim. Selain menunjuk Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim, Kapolri Jenderal Idham Azis ternyata juga merotasi sejumlah jabatan kepala kepolisian daerah alias kapolda.

Setidaknya ada lima kapolda yang diganti. Hal itu merujuk pada mutasi dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat (6/12/2019). Surat telegram ini diteken oleh AS SDM Irjen Eko Indra Heri.

Kepala Biro Pembinaan Karir (Karobinkar) SSDM Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan mutasi dan rotasi jabatan di internal Polri adalah hal yang biasa. Tujuannya pengoptimalan kinerja masing-masing personel Korps Bhayangkara.

"Mutasi jabatan adalah hal yang biasa dalam organisasi Polri sebagai meritokrasi, regenerasi, tour of area dan dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi," katanya di Jakarta, Jumat (6/12/219).

Dalam surat itu, Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto digantikan Irjen Martuani Sormin. Irjen Agus Andrianto dipromosi menjabat bintang tiga sebagai Kabaharkam mengantikan Irjen Firli.

Kemudian Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak digantikan Brigjen Tornagogo Sihombing yang kini sebagai Dir Tipideksus. Nantinya, Herry Nahak akan menjadi Asops Kapolri.

Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Irjen Pol Ahmad Dofiri digantikan Irjen Pol Asep Suhendar. Irjen Dofiri dirotasi menjadi Aslog Kapolri.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Barat Irjen Fakhrizal akan digantikan Irjen Pol Toni Harmanto. Selanjutnya, Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto digantikan Brigjen Syafril Nursal.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6342 seconds (0.1#10.140)