BI: Kebijakan Trump Picu Ketidakpastian Ekonomi Global

Senin, 09 Desember 2019 - 16:35 WIB
BI: Kebijakan Trump Picu Ketidakpastian Ekonomi Global
Presiden Amerika Serikat Donald Trump disebut menjadi salah satu pemicu terjadinya ketidakpastian ekonomi global. Foto/REUTERS/Leah Millis
A A A
LABUAN BAJO - Direktur Eksekutif Departemen Ekonomi Makro Bank Indonesia (BI), Endy Dwi Tjahjono, mengungkapkan penyebab ketidakpastian ekonomi global, salah satunya adalah langkah kebijakan Presiden AS Donald Trump. Perang dagang yang terjadi telah menekan perdagangan dan perekonomian global.

Gejolak ekonomi global diperkirakan masih akan terjadi di 2020. Hal ini dikarenakan meluasnya perang dagang yang dimulai antara Amerika Serikat (AS) dan China.

"Entah apa ini masalah timing atau strategi kita tahu yang jelas kondisinya begitu, trade deal mentah, dan mudah-mudahan Trump saja yang diganti, dia sumber utama pemicu global tak kondusif," ujar Endy di acara Pelatihan Wartawan Bank Indonesia di Labuan Bajo, NTT, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Dia mengatakan selain berselisih dengan China, Trump juga mengancam menaikkan tarif untuk barang-barang impor dari Perancis, Argentina, dan Brasil. Hal ini membuat ekonomi Eropa tertekan dan ketidakpastian global terus berlanjut.

"Ini kita perkirakan (pertumbuhan ekonomi global) seperti semula dan ini menurun dari 2018 yang tumbuh 3,6%. Ini cuma 3,0% ini juga sudah turun dari proyeksi semula yang mencapai 3,2%," jelasnya.

Mengantisipasi gejolak ekonomi global pada tahun depan, Endy mengatakan bahwa bank-bank sentral dunia umumnya mengambil kebijakan yang akomodatif, termasuk Bank Indonesia. Dengan demikian, kata dia, Indonesia lebih siap menghadapi risiko ekonomi global.

"Kebijakan moneter masih longgar, secara khusus, dampak perlambatan ekonomi di dua ekonomi terbesar dunia yakni AS dan China terhadap Indonesia dinilai tidak terlalu besar," imbuhnya.
(tyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4772 seconds (0.1#10.140)