Gubernur Sulsel Resmikan Teknologi Air Siap Minum di Pulau

Senin, 23 Desember 2019 - 10:59 WIB
Gubernur Sulsel Resmikan Teknologi Air Siap Minum di Pulau
Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah meresmikan Unit Pengolah Air Siap Minum (Arsinum) Tekonologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) di Pulau Barang Caddi, Kota Makassar, Senin (23/12/2019) pagi tadi. Foto : SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah meresmikan Unit Pengolah Air Siap Minum (Arsinum) Tekonologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) di Pulau Barang Caddi, Kota Makassar, Senin (23/12/2019) pagi tadi.

Dalam sambutannya Nurdin menuturkan, kehadiran teknologi untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat pulau yang kekurangan air bersih. Teknologi ini mampu mengolah air laut menjadi air bersih layak minum untuk warga pulau.

"Ini kalau tidak salah (produksinya) sekitar 5.000 liter per hari. Nah, sementara kebutuhan kita itu sekitar 3.000. Jadi kita masih over. Nah, ke depan kita berharap air ini langsung kita minum, tidak usah ibu masak, tadi langsung saya minum rasanya, enak sekali," tutur Nurdin.

Dia melanjutkan, Pulau Barrang Caddi menjadi percontohan kehadiran teknologi arsinum. Diharapkan, seluruh pulau yang ada di Sulsel secara bertahap bisa menerapkan teknologi yang dikerjasamakan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini.

"Ini hari kita resmikan ini sekaligus launching untuk melanjutkan program ini ke pulau-pulau lain. Bukan hanya di Barang Caddi, nanti Barang Lompo dengan kapasitas yang berbeda. Nah, harapan kita ke depan masyarakat pulau nanti kita akan bangun lagi satu pengolahan air bersih," papar dia.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb, perwakilan BPPT, Wahyu Setiadi, dan pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulsel.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2504 seconds (0.1#10.140)