TOPIK TERPOPULER

Judas Harap Kemenag Terus Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Palopo

Chaeruddin
Judas Harap Kemenag Terus Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Palopo
Wali Kota Palopo, Judas Amir menyerahkan tanda kehormatan satya lencana karya satya di peringatan HAB Kemenag Palopo, Jumat (3/1/2020). Foto: SINDOnews/Chaeruddin

PALOPO - Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palopo, Jumat (3/1/2020).

Dalam sambutannya, Judas mengapresiasi kerja Kemenag Palopo selama ini dalam menjalankan tugasnya melayani urusan umat di Kota Palopo.



"Terjaganya kerukunan umat beragama di Kota Palopo tidak lepas dari kerja teman-teman di Kemenag, kita patut apresiasi hal tersebut," ucap Judas.

Judas berharap, apa yang telah ditanamkan oleh pendahulu keluarga Kementerian Agama di Kota Palopo selama ini dapat dijaga dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Judas juga menyampaikan amanat Menteri Agama RI, Fachrul Razi. Secara khusus disampaikan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk memperhatikan enam hal.



Pertama, meminta memahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan.

"Kemudian yang ketiga, tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan. Keempat, perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat," ucap Judas mengutip imbauan tertulis Menteri Agama, Fachrul Razi.

"Kelima, rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan modernisasi beragama sejalan dengan falsafah pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan," lanjutnya.

Terakhir, jajaran Kemenag Palopo diminta mengimplementasikan visi misi pemerintah ke dalam program kerja institusi di semua unit kerja pusat, daerah dan perguruan tinggi keagamaan.

Pada upacara HAB dilakukan pula penyematan tanda kehormatan satya lencana karya satya 20 dan 10 tahun kepada 10 orang ASN.



(man)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!