Dishub Makassar Siapkan Dana Rp2,7 Miliar Bangun Traffic Light Berbasis ATCS

Senin, 06 Januari 2020 - 09:34 WIB
Dishub Makassar Siapkan Dana Rp2,7 Miliar Bangun Traffic Light Berbasis ATCS
Pengendara melintas di antara persimpangan lampu lalu lintas Daya, Makassar, beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar menyiapkan anggaran kurang lebih Rp2,7 miliar pada APBD 2020 untuk pembangunan traffic light berbasis area traffic control system (ATCS).

Rencananya, dana itu akan digunakan untuk membangun traffic light di tiga simpang jalan. Yakni simpang Jalan Cendrawasih-Jalan Kakaktua, Jalan Bulukunyi-Jalan Monginsidi, dan simpang Jalan Toddopuli.

"Tahun ini itu anggaran kita Rp2,7 miliar yang kita siapkan itu untuk tiga simpang jalan," beber Kepala Dishub Kota Makassar, Mario Said, Senin (6/1/2020).

Tidak hanya itu, lanjut Mario, pemerintah kota juga akan mendapat bantuan pembangunan traffic light di empat simpang jalan dari Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XIX Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

"Pengadaan dari balai tahun ini itu ada empat simpang, salah satunya di persimpangan perbatasan Kabupaten Gowa-Makassar," ujarnya.

Saat ini Dishub Makassar sudah memiliki center control room (CCR) ATCS. Sistem ini memantau empat simpang jalan. Yalni Jalan Veteran Selatan-Jalan Landak, Jalan Veteran Utara-Jalan Kerung-Kerung, Jalan Veteran Utara-Jalan Gunung Bawakaraeng, dan Jalan Gunung Bawakaraeng-Jalan Gunung Latimojong.

"Kita berharap dengan adanya ATCS ini kerja simpang jalan lebih efektif," harapnya.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7722 seconds (0.1#10.140)