Monsun Asia Akan Lintasi Sulsel, Ini Imbauan Bupati Gowa

Selasa, 07 Januari 2020 - 19:16 WIB
Monsun Asia Akan Lintasi Sulsel, Ini Imbauan Bupati Gowa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Foto: Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengimbau masyarakat meningkatkan kesiap-siagaan dalam mengantisipasi curah hujan dengan intensitas tinggi (lebat) yang diprediksi terjadi pada 10 hingga 12 Januari 2020 mendatang.

Hal tersebut berdasarkan data Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV yang memperkirakan akan terjadi curah hujan dengan intensitas lebat yang salah satunya disebabkan angin Monsun Asia.

Angin ini diperkirakan akan melintasi wilayah Timur Indonesia dan salah satunya melintas di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Meskipun lintasan dari angin monsun Asia ini tidak berdampak besar di wilayah Kabupaten Gowa tetapi tetap saja kita harus meningkatkan kesiapsiagaan. Kita harus bisa mengantisipasi, minimal langkah mitigasi telah disiapkan," ungkapnya, Selasa (7/1/2020).

Kesiapsiagaan lainnya yang perlu dilakukan yaitu bagi pengendara sebisa mungkin menghindari pohon-pohon besar saat melintas di waktu tersebut.

Selain itu, masyarakat harus sudah mulai mengambil langkah antisipasi saat terjadi banjir ataupun longsor kepada masyarakat yang daerahnya berpotensi termasuk dengan memanfaatkan kehadiran Posko Siaga Bencana.

Adapun posko bencana yang disiapkan di tiga titik masing-masing di Kantor BPBD dan Damkar Gowa, Kecamatan Sungguminasa yang menjangkau Kecamatan Pallangga, Bajeng, Bajeng Barat, Bontomarannu, Barombong, Bontonompo, dan Bontonompo Selatan.

Kemudian Posko Tinggimoncong di Kantor Camat Tinggimoncong, menjangkau Kecamatan Pattallassang, Parangloe, Parigi, Tombolopao. Selanjutnya Posko Bungaya di Kantor Camat Bungaya menjangkau Kecamatan Manuju, Bontolempangan, Biringbulu, Tompobulu.

"Kehadiran posko ini sebagai sumber informasi terkait potensi cuaca dan jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," terangnya.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9214 seconds (0.1#10.140)