Antisipasi Bencana, BPBD Makassar Siapkan 8 Unit Perahu Karet

Selasa, 07 Januari 2020 - 22:20 WIB
Antisipasi Bencana, BPBD Makassar Siapkan 8 Unit Perahu Karet
Siswa sekolah melintas di tengah banjir Jalan Nipa-Nipa, Makassar, saat banjir awal tahun 2019 lalu. foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Curah hujan cukup tinggi terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Termasuk Kota Makassar.

Mengantisipasi terjadinya banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah menyiapkan delapan unit perahu karet.

Kepala BPBD Kota Makassar, Muhammad Rusly mengatakan, selain BPBD, perahu karet juga disiapkan oleh stakeholder terkait, seperti perahu karet milik TNI-Polri.

"Khusus BPBD itu ada delapan yang kita siapkan, tapi secara keseluruhan jumlah itu cukup, karena kan bukan cuma kita tapi ada beberapa seperti TNI-Polri itu mereka punya perahu karet sudah siap," kata Rusly, Selasa (7/1/2020).

Selain perahu karet, lanjut Rusly, peralatan lain seperti kapal amfibi, mobil ambulans, dapur umum, hingga mobil jenazah juga sudah disiapkan.

"Jadi dari segi peralatan kita sudah siap untuk menghadapi bencana banjir tahun ini," ucapnya

Pihaknya juga telah memetakan titik rawan banjir. Dia menyebutkan ada lima kecamatan yang masuk wilayah rawan banjir. Kelimanya yakni, Kecamatan Biringkanayya, Kecamatan Tamalanrea, Kecamatan Manggala, Kecamatan Tamalate, dan Kecamatan Rappocini.

"Kita sudah minta kecamatan untuk membangun posko siaga bencana, khususnya di wilayah rawan banjir," tuturnya.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5296 seconds (0.1#10.140)