DPD Demokrat Baru Terima Setoran Kandidat dari Empat DPC

Kamis, 09 Januari 2020 - 01:38 WIB
DPD Demokrat Baru Terima Setoran Kandidat dari Empat DPC
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulsel masih menunggu setoran daftar bakal calon yang ada di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) kabupaten/kota. Foto : Istimewa
A A A
MAKASSAR - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulsel masih menunggu setoran daftar bakal calon yang ada di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) kabupaten/kota. Sejauh ini, baru ada empat daerah yang menyerahkan berkasnya ke pengurus provinsi.

"Baru ada Luwu Timur, Bulukumba, Selayar dan Gowa. Baru empat DPC ini yang menyetor ke DPD," kata Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) DPD Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle saat ditemui di DPRD Sulsel.

Adapun jumlah nama yang disetor cukup bervariasi. Hanya saja, Selle belum mau membocorkannya nama-namanya. "Ada rencana kita kumpulkan dulu, jika semua DPC telah menyetor. Baru setelah itu, kita rilis nanti," ujarnya.

Adapun delapan DPC kabupaten/kota yang belum menyetor daftar kandidat yakni Makassar, Maros, Pangkep, Barru dan Soppeng. Selanjutnya Toraja Utara, Tana Toraja dan Luwu Utara.

Selle menjelaskan, meski mayoritas DPC kabupaten/kota belum menyetor daftar nama kandidat, namun DPD Demokrat Sulsel sedianya sudah mulai melakukan tahapannya. Dimana pengurus provinsi telah membuka penjaringan untuk bakal calon yang tidak sempat di daerah.

"Kita juga buka ruang di DPD. Kita buka pendaftaran untuk kandidat yang lain. Kita buka penjaringan sampai akhir Maret nanti," ungkapnya.

Ketua Komisi A DPRD Sulsel ini menjelaskan, bagi kader Demokrat yang berniat maju, diberi ruang seluas-luasnya oleh partai. Selle meminta mereka untuk terus melakukan gerakan hingga Maret nanti.

"Kita minta mereka berjuang. Kita lihat hasilnya di Maret nanti. Apakah gerakannya itu bisa mendongkrak survei atau tidak. Kalau tidak, kita beri dia pertimbangan lain," bebernya.

Sejauh ini, beberapa kader Demokrat memang sudah siap menyatakan maju. Seperti Ketua DPC Demokrat Maros, Amirullah Nur Saenong, Ketua DPC Demokrat Makassar, Adi Rasyid Ali hingga kader Demokrat Selayar, Saiful Arif.

Sekretaris DPC Demokrat Makassar, Abdi Asmara mengungkapkan alasan pihaknya belum menyetor nama ke DPD. Lantaran menurut dia, beberapa calon meminta kebijakan untuk memperpanjang waktu pengembalian formulir.

"Batasnya sedianya tanggal 7 (Januari) kemarin, cuma beberapa kandidat melalui LOnya meminta kebijakan. Seperti Pak UQ (Sukriansyah S Latief) dan Yagkin Padjalangi. Keduanya masih di luar kota," kata Abdi saat dihubungi.
(sss)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7755 seconds (0.1#10.140)