Cuaca Ekstrem Diprediksi Melanda Sulsel Hari Ini Hingga 12 Januari

Kamis, 09 Januari 2020 - 10:39 WIB
Cuaca Ekstrem Diprediksi Melanda Sulsel Hari Ini Hingga 12 Januari
Cuaca ekstrem diprediksi melanda sebagian besar wilayah di Sulsel hari ini hingga 12 Desember. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - BMKG Wilayah IV Makassar memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi selama empat hari ke depan. Puncaknya mulai hari ini tanggal 9 Januari hingga 12 Januari 2020 mendatang.

Prakirawan BBMKG Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha mengatakan, dalam periode waktu tersebut wilayah Sulsel akan mengalami peningkatan intensitas curah hujan, disertai angin kencang.

"Untuk saat ini kecepatan angin yang melewati wilayah Sulawesi Selatan ini berkisar antara 15-25 knot. Bisa sampai seperti itu, dan sekitar 30-50 kilometer per jam. Jadi termasuk kencang di wilayah Sulawesi Selatan," ungkap Rizky yang dihubungi via sambungan telepon, Rabu (8/1/2020).

Cuaca ekstrem ini, lanjut dia, karena terjadinya peningkatan aktivitas monsun asia yang menyebabkan penambahan massa udara, pola pertemuan massa udara atau kovergensi dari laut jawa hingga sulawesi. Termasuk adanya madden julian oscillation (MJO) yang memasuki wilayah Indonesia, termasuk Sulsel, yang menyebabkan peningkatan curah hujan.

"Angin monsun itu sudah mulai masuk wilayah Indonesia sejak Desember (2019) lalu. Tapi kan terjadi peningkatan aktivitas monsun. Jadi sudah mulai peningakatan curah hujan mulai besok (hari ini). Selama empat hari ke depan. Ini diikuti dengan angin kencang," paparnya.

Dalam empat hari ke depan, 9 hingga 12 Januari 2020), hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang diprakirakan masih dapat berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat. Meliputi Kabupaten Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep Kepulauan, Maros, dan Kota Makassar.

Sementara di wilayah Sulsel bagian tengah meliputi Kabupaten Soppeng dan Sidenreng Rappang (Sidrap). Lalu Sulsel bagian utara meliputi Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, Luwu, dan Toraja Utara.
(man)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9364 seconds (0.1#10.140)