PSI Sudah Saring Kandidat yang Bakal Diusung pada Pilkada 2020

Minggu, 12 Januari 2020 - 17:31 WIB
PSI Sudah Saring Kandidat yang Bakal Diusung pada Pilkada 2020
Pengurus PSI Sulsel saat melakukan konsolidasi membahas usungan mereka di Pilkada 2020. Foto: Sindonews/Muhaimin
A A A
MAKASSAR - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulsel tak ingin ketinggalan dalam momen pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Sulsel. Meski pun tak memiliki kursi di parlemen, namun PSI tetap akan menyaring kandidat untuk didukung.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Sulsel, Fadli Noor mengungkapkan dukungan partainya terus digodok di 12 kabuoaten/kota yang menggelar Pilkada 2020. Dia mengklaim sejauh ini, dukungan tersebut sudah mengerucut di lima daerah.

"Di beberapa kabupaten/kota ini sudah ada beberapa yang mengerucut namanya. Seperti di Makassar, Tana Toraja, Luwu Utara (Lutra), Luwu Timur (Lutim) dan Selayar," kata Fadli saat ditemui di salah satu warung kopi di Jalan Toddopuli Raya, Makassar, Minggu (12/1/2020).

Fadli tak ingin menyebutkan nama-nama jagoan partainya di lima daerah ini. Alasannya, masih menunggu keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang merupakan pengambil keputusan tertinggi di partai.

"Kita belum bisa sebutkan sekarang, karena menunggu rekomendasi pusat. Setelah keluar, baru bisa kita sebutkan namanya. Tapi hari ini sudah mengerucut," ujarnya.

Dari rekam jejak komunikasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI di kabupaten/kota, partai ini lebih dekat ke Munafri Arifuddin untuk Pilwalkot Makassar. Dan petahana Muh Thorig Husler di Lutim, Indah Putri Indriani di Lutra.

Selanjutnya, dua petahana Indah Putri Indriani di Lutra, Muh Basli Ali di Selayar. Serta pendatang baru yang maju lewat jalur independen, Marcel Rantetana yang telah berpaket dengan Anthonius M Lintin.

"Jadi memang (di lima daerah ini) ada patahana, ada yang bukan. Karena teman-teman (di DPD) memilih kandidat yang memberi ruang maksimal kepada mereka," ungkapnya.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5515 seconds (0.1#10.140)